MODUL
1
INFORMASI
A.
Kegiatan Pembelajaran 1
Menemukan Hal-hal Penting
dari Teks Bacaan
Setiap paragraf dalam sebuah bacaanterkandung hal-hal penting
atau hal-hal pokok.Kita dapat menuliskan hal-hal penting dari bacaan yang kita
baca atau kita dengar.Hal-hal penting dari sebuah bacaan dapat kita temukan
jika kamu membuat rangkuman atau menyusun ikhtisarnya.Saat membuat rangkuman,
kita harus tetap memperhatikan urutan isi dan sudut pandang penulis
B. Kegiatan
Pembelajaran 2
Menyampaikan
Informasi
Informasi adalah kabar mengenai peristiwa. Informasi itu bisa kita
dapat darikoran, majalah, televisi, radio dalam bentuk berita. Informasi juga
dapat diperoleh melalui tuturan lisan, seperti pidato, seminar, dan ceramah.Informasi
dianggap lengkap jika informasi yang disampaikan sesuai dengan informasi yang
diterima.
Adapun
cara menyampaikan pesan/informasi sebagai berikut.
1.
Ingat-ingatlah pokok-pokok informasi yang hendak kamu sampaikan.
2.
Sampaikan informasi itu kepada orang lain dengan runtut, baik, dan benar. Runtut, artinya informasi yang
disampaikan urut dari awal sampai akhir dan antarinformasi saling berhubungan.
3.
Informasi diucapkan dengan jelas dan dengan nada yang meyakinkan.
Punya Hobi itu Mengasyikkan
Kawan-kawan pasti punya hobi dong.Ada yang bilang
hobinya tidur, main PS (PlayStation), main sepeda, atau sepak bola.
Tetapi hobi itu apasih dan mengapa hobi tiaporang berbeda?
Hobi berasal dari bahasa Inggris, hobby artinya
kegemaran atau kegiatan yang dilakukanpada waktu senggang. Hobi seseorang tidak
harus sama dengan hobi anggota keluargaseperti ayah, ibu, kakak, atau adik.
Hobi seseorang biasanya tidak beda jauh dengan hobiorang-orang terdekat. Hobi
biasanya terbentuk oleh lingkungan.Misalnya bapak atau ibunyaseorang penulis,
biasanya anaknya mempunyai hobi membaca, menulis, atau menggambar.
Sumber:
Kompas, 9 April 2006
-
Hobi artinya kegiatan yang dilakukan pada waktu senggang.
-
Hobi ada yang dilakukan sendiri, ada pula yang harus dilakukan dalam kelompok.
-
Hobi yang dilakukan sendiri, misalnya membaca, menulis, menggambar, menyanyi,
dan main piano.
-
Hobi yang dilakukan dalam kelompok, misalnya sepak bola, dan voli.
C.
Kegiatan Pembelajaran 3
Mendeskripsikan Laporan
Pengamatan
Laporan biasa di sampaikan secaralisan, tetapi ada laporan yang
disampaikan dengan cara ditulis. Nah, laporan itu adalah karangan yang
berisikan penjelasan suatu hasil kegiatan.Laporan dibuat setelah kamu melakukan
suatu kegiatan.
Adapun laporan pengamatan adalah membuat karangan sesuai dengan
sesuatu yang diamati. Misalnya, laporan pengamatan pertandingan sepak bola,
pengamatan cara guru mengajar, pengamatan lomba agustusan, pengamatan upacara
bendera, dan pengamatan terhadap suatu tempat. Kita juga bisa mengamati
berbagai hal yang ada di lingkungan rumah atau sekolah.
Jika ingin mendeskripsikan isi laporan pengamatan, kita harus
membaca laporan pengamatan itu dengan sungguh-sungguh.selain itu, kita juga
harus bisa memahami garis besar isi laporan pengamatan tersebut.
Adapun jika kita ingin membuat laporan pengamatan, kita bisa
memperhatikan langkah-langkah berikut ini.
a. Tentukanlah apa yang kita amati
b. Siapkan lembar pengamatan seperti berikut ini.
Laporan Hasil Pengamatan
Nama Kegiatan :
______________________________________________
Tempat :
______________________________________________
Tanggal : ______________________________________________
Waktu :
______________________________________________
Isi :
______________________________________________
Tempat, tanggal pembuatan
Pengamatan,
ttd
Nama
pengamat
c. Isilah lembar pengamatan tersebut dengan bahasa yang baik dan
jelas. Bahasa yangdigunakan adalah bahasa Indonesia yang baku. Bahasanya harus
jelas artinya, tidak boleh membingungkan.Bila benar, harus ditulis benar dan bila
salah harus ditulis salah.
d. Laporan pengamatan harus berdasarkan fakta atau kenyataan.
Tulislah sesuai dengan apa yang kita amati. Kita jangan menambah atau mengurangi
apa yang kita amati. Jika kita mengamati pertandingan sepak bola hasilnya 1-0,
jangan kita tulis 1-1karena itu tidak sesuai fakta.
e. Tulislah secara menarik, lengkap, dan enak dibaca sehingga
pembaca akan merasa senang saat membaca laporan yang kita buat.
D. Kegiatan
Pembelajaran 4
Mengisi Formulir
Pendaftaran dan Kartu Anggota
Formulir pendaftaran adalah lembar isian tentang informasi
pendaftaran. Contoh formulirpendaftaran yaitu formulir pandaftaran saat akan
mengikuti suatu les, saat akan masuk sekolah atau saat akan mengikuti lomba.
Formulir pendaftaran berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang telah mengikuti
suatu kegiatan.Adapun kartu anggota adalah suatu kartu yang berisi data diri
seseorang dalam suatu perkumpulan atau organisasi.Fungsinya sebagai bukti bahwa
seseorang telah menjadi anggota suatu organisasi.Misalnya kartu anggota
perpustakaan.Bila kamu memiliki kartu tersebut, berarti kamu telah menjadi
anggota perpustakaan di sekolahmu.
contoh formulir pendaftaran dan kartu anggota berikut ini.
FORMULIR PENDAFTARAN KURSUS
Saya yang
bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Amelia Sari
Tempat/Tanggal lahir : Jakarta, 1 Januari 1995
Jenis kelamin :
Perempuan
Agama :
Islam
Alamat :
Jalan Kerinci No.100, Jakarta Pusat
No. Telepon :
(021) 788753
Nama Orang Tua :
Burhanuddin
Mengetahui Jakarta,
6 November 2007
Orang tua, pendaftar
Burhanuddin Amelia
Sari
* = coret yang tidak perlu
E. Kegiatan
Pembelajaran 5
Menggunakan Tanda Baca Titik Dua (:) dan Garis Miring (/)
Tanda baca adalah tanda yang digunakan saat kamu menulis.Tanda
baca ada bermacam-macam.Ada tanda titik (.), tanda koma (,), tanda seru (!),
tanda kurung(( )), tanda titik dua (:), dan tanda garis miring (/). Kali ini, kitaakan
mempelajari tanda titik dua (:) dan garis miring (/).
Fungsi tanda baca titik dua (:) antara lain:
a.
Dipakai pada akhir suatu
pernyataan yang diikuti rangkaian atau penjelasan.
Contoh: Kita memerlukan
perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari.
b.
Dipakai sesudah kata atau
ungkapan yang memerlukan penjelasan.
Perhatikan contoh berikut.
Nama : Andina Putri
Tempat
Tanggal lahir : Malang, 25 Agustus 1995
Alamat : Jalan Mangga No. 25
Malang
Adapun fungsi tanda garis miring (/)
antara lain:
a.
Dipakai dalam nomor surat
dan masa tahun yang terbagi dalam dua tahun berurutan. Perhatikan contoh
berikut.
No. 7/ PK/2008
Tahun ajaran 2007/2008
b.
Dipakai sebagai pengganti
kata atau tiap.
Perhatikan contoh beriku
Fungsi tanda baca titik dua nomor dua, dipakai sesudah kata atau
ungkapan yangmemerlukan penjelasan sesuai dengan data formulir pendaftaran dan
kartu anggota.Begitu juga dengan tanda garis miring.Tanda garis miring berfungsi
sebagai pengganti kata atau, juga sesuai dengan data formulir pendaftaran dan
kartu anggota.Tanda baca tersebut digunakan agar pengisiannya lebih mudah dan
rapi.
MODUL 2
PERSAHABATAN
A.
Kegiatan Pemelajaran 1
Mengidentifikasi
Tokoh, Watak. Latar, dan Amanat dari Cerita Anak
Cerpen atau cerita pendek
adalah karangan yang melukiskan kehidupan seseorangsecara umum atau inti cerita
saja.Di dalam cerpen hanya dilukiskan kehidupan seseorangsecara sepenggal saja,
misalnya cerpen tentang cerita anak yang naik kelas, pergi ke kebunbinatang
atau pergi ke pantai.
Ciri-ciri cerpen adalah sebagai
berikut.
a. Ceritanya pendek sehingga kamu tidak butuh waktu lama untuk
membacanya.
b. Hanya ada satu pokok cerita sehingga pembaca tidak bingung.
c. Tidak ada perubahan nasib tokoh. Artinya, jika menceritakan
masa kecil maka saatdewasa tidak diceritakan.
d. Cerita disajikan dari perkenalan tokoh lalu adanya masalah,
kemudian penyelesaian masalah.
Setiap cerita tentu mempunyai unsur-unsur pendukungnya.
Unsur-unsur pendukungcerita antara lain:
1) tokoh, yaitu pelaku cerita. Pelaku cerita bisa manusia atau
binatang.
2) watak, yaitu kepribadian tokoh.
3) latar, yaitu tempat terjadinya cerita.
4) amanat, yaitu pesan yang ingin disampaikan penulis cerpen
kepada pembaca.
Mendengarkan
cerita memangmengasyikkan.Setelah mendengarkan cerita kita bisa menentukan tema
dari cerita itu Tema adalah pokok persoalan yang mendasaricerita.Tema dapat
ditafsirkan secara sederhana lewat tokoh dan konflik yang dialamioleh
tokoh-tokoh cerita.Pada konflik yang dialami tokoh-tokoh itulah tema
lazimnyadiungkapkan. Tema dapat diketahui oleh pembaca setelah ia memahami
keseluruhanisi cerita.
Langkah-langkah menentukan tema:
a. Menentukan
tokoh-tokohnya
b. Menentukan
konfliknya
Tema
erat kaitannya dengan amanat.Amanat adalah
pesan moral yang terkandungdalam
cerita.Dahulu pesan moral disampaikan pengarang secara eksplisit, secara langsung.
Sekarang cara seperti itu sudah ditinggalkan. Untuk menghindari kesan menggurui,
pesan moral disampaikan secara implisit, tersirat melalui perilaku tokoh.Teknik
demikian memberi keleluasaan pembaca untuk mencari dan menemukan sendiri pesan
moral dalam cerita.
Misalnya,
dari cerita kesombongan burung nuri diketahui bahwa tema ceritanya “Deo, si burungNuri yang sombong”.
Amanatnya: kita tidak boleh sombong,
harus mau bergaul dan peduli dengan sesama karena sebagai makhluk sosial,
manusia tidak biashidup sendiri, selalu memerlukan bantuan orang lain.
B.
Kegiatan
Pembelajaran 2
Mengkritik Suatu Hal disertai Alasan
Tanggapan adalah sikap
terhadap sesuatu yang terjadi.Kamu pasti pernah memberikantanggapan.Tanggapan
itu dapat berupa kritik.Kritik adalah tanggapan yang berisi tentangbaik buruk
suatu hal.
Perhatikan contoh berikut.
Di kelasmu dipasang vas bunga yang sudah rusak. Kita mengkritik
bahwa vasbunga itu tidak pantas dipasang di kelas, karena sudah rusak.
Agar kita dapat
menyampaikan tanggapan yang berupa kritik, perhatikan cara-caranyaberikut ini.
a. Tanggapan harus sesuai dengan masalah yang ditanggapi.
b. Disampaikan secara jelas. Artinya, kalimat yang kamu gunakan
tidak boleh berbelit-belit sehingga tidak membuat bingung.
c. Dinyatakan dengan alasan yang masuk akal.
d. Alasan yang digunakan harus tepat sehingga orang yang
mendengar akan yakin dan percaya.
e. Bahasa yang digunakan harus santun. Artinya, bahasa yang kamu
gunakan tidak boleh menyinggung perasaan orang lain.
C.
Kegiatan
Pembelajaran 3
Menggunakan Kalimat Anjuran dan Permintaan
Kalimat anjuran dan
permintaan digunakan untuk memberikan tanggapan.Kalimattersebut berisi tentang
alasan dan penyelesaian suatu masalah.Kalimat anjuran memakaikata supaya,
agar, untuk atau guna.Kalimat permintaan memakai kata bagaimanakalau,
bagaimana seandainya, misalnya, jikalau, seharusnya atau sebaiknya.
Contoh penggunaan kalimat
anjuran dan permintaan:
a. Saran
Berikut
ini contoh kalimat saran terhadap berita flu burung agar orang yang punyaunggas
tidak tersinggung.
Bagaimana
kalau unggas-unggas itu dibersihkan tiap
hari supaya tidak menularkanflu burung.
b. Kritik
Berikut
ini contoh kalimat kritikan terhadap berita tentang pembuangan sampah disungai.
Seharusnya
masyarakat tidak membuang sampah di sungai, guna mencegah
banjir.
c. Permintaan
Berikut
ini contoh kalimat permintaan terhadap berita tentang kerja bakti yang
diadakansebulan sekali di sekolah.
Bagaimana
seandainya kerja bakti diadakan dua
minggu sekali supaya sekolahkita bersih.
D.
Kegiatan
Pembelajaran 4
Menanggapi Informasi dari Kolom Khusus
Kolom khusus adalah kolom
yang berisi hal-hal yang khusus.Kolom khusus majalahanak berarti kolom yang
isinya hal-hal khusus masalah anak. Setiap koran atau majalahmempunyai nama
kolom yang berbeda-beda. Contoh kolom di koran antara lain: kolomolahraga,
kolom bisnis, dan kolom hiburan.
Berikut ini adalah contoh
kolom majalah, khususnya majalah anak.
Tabel
1.Kolom majalah anak
Nama Kolom
|
Isi Kolom
|
Reportasia
|
Pengetahuan
|
Bobosiana
|
Menu dalam majalah
|
Apa kabar Bo?
|
Cara menyelesaikan masalah
|
Cerpen
|
Cerita pendek
|
Tak disangka
|
Cerita lucu
|
Profil
|
Kehidupan seseorang
|
Halamanku
|
Kiriman gambar dan puisi
|
Wisata pintar
|
Kegiatan di suatu tempat
|
Potret negeriku
|
Keadaan suatu tempat
|
Cerita serial
|
Cerita
bersambung
|
Kita bisa memberikan tanggapanterhadap informasi dari majalah
tersebut. Kita tentu masih ingat bagaimana cara menanggapi sebuah berita,
bukan? Saat kita memberikan tanggapan, gunakan langkah-langkah berikut ini.
a.
Bacalah kolom khusus dengan sungguh-sungguh.
b.
Sebutkan = Nama kolom khusus : ?
Nama
majalah : ?
Halaman
: ?
Judul
kolom khusus : ?
c.
Sampaikan isi tanggapan
sesuai dengan masalah yang dibahas dengan jelas dan masukakal. Selain itu,
gunakanlah bahasa yang santun.
E.
Kegiatan
Pembelajaran 5
Meringkas dari Teks yang Dibaca
Berita takan lebih mudah kita
ingat jika kita membuat ringkasannya.Meringkas disebut juga
merangkum.Meringkasadalah suatu kegiatan memendekkan karangan atau suatu
bacaan.kita harus tahu, saatmeringkas, isi ringkasan tidak boleh berbeda dari
bacaan aslinya. Agar kita dapat membuatringkasan, perhatikan baik-baik
langkah-langkah meringkas berikut ini.
a.
Bacalah berita dengan
sungguh-sungguh. Artinya, kita harus membaca secara urutbacaan tersebut. Mulai
dari judul sampai akhir bacaan. Jangan ada yang terlewati.Pahamilah isi berita
tersebut. Bacalah dua sampai tiga kali untuk memahami isi berita.
b.
Carilah inti dari bacaan.
Inti dari bacaan dapat kamu temukan dari setiap paragraf.Jadi, pusatkan
perhatianmu pada setiap paragraf. Lalu tulislah hal-hal penting yang adadalam
setiap paragrafnya.
c.
Tulislah secara urut mulai
dari paragraf pertama sampai akhir paragraf. Jangan lupauntuk menulis judul
berita yangkitaringkas.
MODUL
3
PARIWISATA
A.
Kegiatan
Pembelajaran 1
Mencatat
Hal-hal Pokok dari Isi Bacaan
Ketika membaca sebuah bacaan, kamu akan
menemukan hal-hal pokok yang terdapatdalam tiap paragrafnya. Kita bisa membuat
penyajian singkat dari bacaan tersebut dengantetap memperhatikan urutan isi dan
sudut pandang penulisnya.
B.
Kegiatan
Pembelajaran2
Mengkritik Sesuatu Disertai Alasan
Kita harus tahu, saat kita
mengkritik sesuatu sifatnya harus membangun.Artinya,sesuatu yang kita kritik
bisa menjadi lebih bagus lagi.Misalnya, kita ingin mengkritik teman yang
bajunya tidak dimasukkan.Katakan bahwa itu tidak rapi dan melanggar tata tertib
sekolah.Jadi, teman harus memasukkan bajunya. Janganlah kita memarahi teman
karena akan menimbulkan sakit hati. Sekarang kita perhatikan caramengkritik
berikut ini.
a.
Mengkritik harus sesuai
dengan masalah.
b. Berikan alasan yang tepat saat mengkritik. Misalnya, mengkritik
teman yang selaluterlambat masuk sekolah. Katakan kepada teman bahwa kalau ia
terlambat terusitu namanya melanggar tata tertib sekolah. Teman harus berangkat
lebih pagi agartidak terlambat.
c. Gunakan bahasa yang santun.
Artinya, bahasa yang kita
gunakan tidak menyinggung perasaan orang yang kita kritik.Misalnya, mengkritik
hasil gambar teman yang warnanya kurang.Katakan kepada teman bahwa warna
gambarnya sudah bagus, tetapi masih kurang sedikit tebal.Jadi, teman harus
menebalkannya agar lebih bagus. Kalimat itu tidak akan menyinggung perasaan
teman. Janganlah kita menghina gambaran teman bilakurang bagus.Akan tetapi,
berikan kritik dengan bahasa yang santun, seperti contoh diatas.
d. Jangan memaksakan kritik kita untuk diterima, tetapi dengarlah
pendapat orang yangkita kritik. Misalnya, mengkritik teman yang sangat boros.
Katakan kepada teman bahwa boros itu tidak baik, lebih baik uangnya ditabung.
Akan tetapi, jika teman tidak bisa menerima kritik kita karena dia anak orang
kaya, kita jangan memaksa.Sebagai teman, kita sudah mengingatkan.
Lomba Menyanyi
Mira : “Wah! Selamat ya,
Don.Kamu masuk final.”
Dona :
“Selamat juga ya, Mir. Kamu juga masuk final.”
Mira :
“Don, saat kamu menyanyi suara kamu bagus sekali, tetapi penampilanmu akan lebih bagus jika kamu lebih berekspresi. Gerakan-gerakan
kamu perlu divariasi, jangan hanya seperti itu.Jadi, penonton tidak bosan.Pasti
juri akan kagum dan memilihmu sebagai pemenang.”
Dona : “O, begitu ya, Mir.
Jadi, gerakanku tadi kurang. Kalau begitu aku akan berlatih giat lagi. Eh, tadi
suara dan penampilanmu sangat bagus. Tetapi lebih bagus lagi kalauinteraksimu
dengan penonton ditambahlagi. Jadi, penonton bisa ikut bernyanyi. Pasti semua
milih kamu.”
Mira :
“Oya! kalau begitu besok saat bernyanyi aku akan berinteraksi dengan penonton
supaya mereka senang.”
Dona :
“Kalau begitu kita harus giat berlatih supaya besok kita bisa menang.”
Mira :
“OK! Sampai jumpa besok.”
Kritik yang disampaikan Mira dan Dona jelas, tepat, dan tidak
menyinggung.kitapasti bisa melakukannya. kitaharus ingat, saat memberi kritik
jangan sampai menyinggung perasaan teman.
C.
Kegiatan
Pembelajaran 3
Mendeskripsikan Laporan Hasil Kunjungan
Laporan kunjungan adalah
laporan yang dibuat setelah kita melakukan kunjungan kesuatu tempat.Kunjungan
itu dapatkitalakukan ke tempat-tempat wisata, atau tempat-tempatbersejarah,
seperti museum dan candi. Kunjungan tersebut akan lebih berkesan jikakita
membuat laporannya.
Laporan kunjungan harus kita
buat dengan sebenar-benarnya.kita tidak bolehmemalsukan isi laporan. Jika
memberikan saran, saran harus bersifat membangun.Lalu,bagaimana menjelaskan
laporan kunjungan yang sudah dibuat oleh teman?kita akandengan mudah
menjelaskan laporan kunjungan tersebut jika memerhatikan hal-hal berikutini.
a.
Bacalah laporan kunjungan
dengan sungguh-sungguh.
b. Pahamilah isi laporan kunjungan.
c. Catatlah secara urut laporan kunjungan tersebut mulai dari judul
sampai penutup.
Perhatikan contoh laporan hasil kunjungan berikut ini.
Nama acara : Karya
Wisata untuk Menambah Pengetahuan
Tujuan lokasi : Candi Prambanan
Peserta : Semua
siswa kelas 6 SDN 06 Malang
1. Uraian singkat perjalanan:
a) Pelaksanaan tanggal 27 Oktober 2007.
b) Berangkat jam 06.00.
c) Kami melewati kebun binatang Jurug Solo.
d) Tiba di Candi Prambanan jam 09.30.
2. Hal yang menyenangkan
a) Tempatnya bersih.
b) Candinya banyak sekali.
c) Bisa melihat patung Roro Jonggrang dan Lembu Andini di dalam
candi.
e) Kami membeli oleh-oleh untuk kenang-kenangan.
3. Hal yang menyedihkan:
a) Banyak sekali pengunjung sehingga suasananya menjadi sumpek.
b) Ada beberapa candi yang rusak.
c) Kurangnya pemandu wisata.
d) Tamannya kurang terawat.
4. Saran-saran yang perlu:
a) Sebaiknya candi yang rusak diperbaiki.
b) Sebaiknya ditambah pemandu wisata.
c) Sebaiknya tamannya dirawat.
Malang, 28 Oktober 2007
Pelapor,
Kiki
Amalia
D.
Kegiatan
Pembelajaran 4
Menyusun
Percakapan
Percakapan adalah
pembicaraan antara dua orang atau lebih mengenai suatu hal.Percakapan mempunyai
banyak tujuan.Ada orang bercakap-cakap untuk urusan bisnis,sekolah, bermain,
dan hiburan.Percakapan itu dapat kita lakukan saat belajar di sekolah, bermain,
saat nonton televisi bersama keluarga, saat wawancara, atau saat bermain drama.
Saat menyusun percakapan, kita
harus menentukan masalahnya terlebih dahulu.Kemudian menentukan pihak-pihak
yang melakukan percakapan.Dalam penyusunanpercakapan, kita harus menentukan
susunan kalimat serta pilihan kata yang sesuai.Selainhal-hal di atas, yang
harus kita perhatikan adalah penggunaan ejaan.Berikut ini hal –halyang
berkaitan dengan ejaan yang harus kita perhatikan pada saat menyusun
percakapan.
a.
Judul di bagian tengah
dengan huruf kapital.
b. Nama penulis di bawah judul.
Contoh : PERGI KE BALI
Karya : Arina Putri
c. Penulisan nama tokoh diawali huruf besar.
d.
Terdapat tanda titik dua
setelah nama tokoh.
e.
Terdapat kata dengan huruf
kapital pada awal kalimat.
Kita tentu masih ingat
fungsi tanda baca titik dua.Perhatikan penggunaannyaberikut ini.
a.
Tanda titik dua dipakai di
akhir pernyataan lengkap jika diikuti penjelasan.
Contoh: Ibu membeli bahan
makanan: beras, gandum, sayur, dan buah.
b.
Dipakai sesudah kata atau
ungkapan yang memerlukan penjelasan.
Contoh: Ketua :
Iwan Setyawan
Sekretaris : Rika Damayanti
Bendahara : Ela Lusiana
Ada satu
lagi fungsi tanda baca titik dua, yaitu dipakai dalam teks sesudah kata
yangmenunjukkan pelaku dalam percakapan.
Contoh:
Ibu : (meletakkan
beberapa kopor) ”Bawa kopor ini, Mir!”
Mira : “Baik, Bu.” (mengangkat kopor dan masuk).
Ibu : “Jangan lupa,
letakkan baik-baik!” (duduk di kursi besar).
Mira : “Ya, Bu.”
Ibu : “Terima kasih,
Mira.”
MODUL
4
LINGKUNGAN
A.
Kegiatan
Pembelajaran 1
Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Dongeng
Dongeng adalah cerita yang
tidak benar-benar terjadi.Dongeng diceritakan secaraturun-temurun oleh orang
tua kepada anak-anaknya.Dongeng harus mempunyai unsur-unsur yang mendukung agar
cerita itumenarik.Unsur-unsur tersebut disebut dengan unsur
instrinsik.Perhatikan contoh unsur-unsur instrinsik dalam fabel berjudul kancil
dan buaya berikutini.
1.
Fabel bertemakan pendidikan.
Fabel tersebut mengajarkan
pendidikan kepada kamu bagaimana menjadi orang yangcerdik.
2.
Tokoh di dalam fabel
adalah binatang yang bisa bicara.
Si Kancil adalah tokoh
utamanya, buaya adalah tokoh pendukungnya.
3.
Si Kancil dalam dongeng
mempunyai watak antagonis/baik. Meskipun kancil menipubuaya, dia baik. Macan
mempunyai watak tritagonis karena menolong kancil, tetapi iajuga ingin memakan
kancil.
4.
Fabel tersebut mempunyai
latar di hutan dan sungai. Di hutan, saat kancil akan dimakanmacan. Di sungai,
saat kancil akan dimakan buaya sekaligus ditolong buaya.
5.
Banyak hal yang dapat kamu
dapat dari cerita si kancil dan buaya atau biasa disebutamanat, yaitu
jadi orang cerdik itu sangat bermanfaat, tetapi gunakan kecerdikan ituuntuk
kebaikan. Jadi, orang jangan suka menyakiti orang lain karena bisa
merugikandiri sendiri.
Itulah unsur-unsur instrinsik dalam dongeng “Kancil dan Buaya”. berikut
bacalah baik-baik contoh dongeng di bawah ini.
Sang Kancil Sebagai Penengah
Seekor menjangan betina dan seekor macan kumbang betina sudah
lama bersahabat.Mereka memelihara anak-anak mereka di hutan yang sama.
Persahabatan ituberlangsung dengan baik sampai tiba musim kemarau yang
berkepanjangan. Dalamkeadaan sukar demikian itu, sang macan kumbang tidak dapat
memperoleh binatangburuan untuk makan anak-anaknya yang sudah sangat kelaparan.
Pada suatu pagi, ia berkata kepada kawannya, sang menjangan,
bahwa, kemarinmalam, ia bermimpi memakan menjangan. Kini, ia bertanya apakah
kawannya setujuapabila ia melaksanakan mimpinya itu. Sudah tentu sang menjangan
tidak setuju, sehinggantimbullah pertengkaran yang hebat.
Untuk mencari jalan keluar, mereka kemudian mengajukan masalah
ini kehadapan hewan-hewan hutan lainnya. Semua hewan berpihak kepada
sangmenjangan. Hal ini membuat sang macan kumbang tidak puas dan mengancamakan
meneruskan niat buruknya. Oleh karena tak berdaya menolong sang
menjangan,masalah ini oleh para hewan hutan diajukan ke kepala desa yang
dijabat oleh seorangmanusia, sedangkan sang menjangan secara diam-diam
menghubungi saudarasepupunya, sang kancil.
Keadilan dimintakan kepada kepala desa itu karena ia terkenal
sebagai seorangpejabat yang sangat adil. Namun, karena diancam sang macan
kumbang, ditambahlagi bahwa ia telah dijanjikan akan dihadiahi sebuah paha sang
menjangan, maka didalam pengadilan ia telah berkeputusan untuk memihak kepada
sang macankumbang. Namun, sebelum ia dapat mengucapkan keputusannya yang
mengijinkansang macan kumbang untuk melaksanakan niatnya, tiba-tiba dilihatnya
sang kancilmenaiki atap rumahnya sambil membawa obor. Menurut keterangan sang
kancilkemarin malam ia telah bermimpi bahwa harus membakar desa itu sampai rata
kebumi dan rumah paling dahulu harus dibakar adalah rumah sang kepala
desa.Perbuatan hari ini sebenarnya adalah untuk melaksanakan mimpinya itu.
Sadar akan kesalahannya yang akan diperbuat, sang kepala desa
memenangkanperkara sang menjangan. Sang macan kumbang karena kalah dalam
pengadilan initelah membawa anak-anaknya pindah ke hutan lain.
Sumber: Folklor
Indonesia James Danandjaja
B. Kegiatan
Pembelajaran 2
Memuji Sesuatu dengan Disertai Alasan
Memuji adalahperbuatan
yang baik, tetap memuji itu juga ada batasnya.Kamu tidak boleh berlebihan
saatmemuji karena hal itu justru tidak pantas.Saat kita memuji
teman, tentu ada alasannya.Biasanya kita memuji kepada teman yang
mempunyai prestasi, memenangkan perlombaan,atau teman yang memiliki kepandaian
atau keterampilan.Perhatikan contoh kalimatpujian berikut ini.
1.
Kamu memang hebat bisa
memenangkan lomba catur itu!
2. Selamat, ya, kelasmu menjadi kelas terbersih di sekolah ini.
3. Wah, kamu memang pintar bermain bola.
4. Aku ikut bangga kamu bisa ikut audisi menyanyi itu.
5. Wah, kamu memang benar-benar anak yang baik hati.
Kitadapat memberikan pujian kepada siapa saja.Selain prestasi, sifat
terpuji, ataukepandaian, kita juga dapat memuji hal-hal
atau benda yang baik atau bagus yang dimilikioleh teman.
1.
Wah, tas barumu bagus
sekali!
2. Bagus sekali bajumu ,Tin!
3. Di mana kamu membeli sepeda sebagus ini?
4. Sepatumu yang kupinjam itu enak sekali dipakai.
5. Kamu cocok sekali memakai baju itu.
C. Kegiatan Pembelajaran 3
Menanggapi Informasi dari Kolom Khusus
Kolom khusus tidak hanya
terdapat di majalah. Di koran juga ada kolom khusus.Kolom khusus tersebut
berfungsi agar orang lebih mudah memahami isi koran. Setiap kolomkhusus di
koran, mempunyai berita yang berbeda-beda sesuai nama kolomnya. Perhatikancontoh
kolom khusus di koran berikut ini!
Nama Kolom
|
Isi Kolom
|
Politik dan Hukum
|
Berita tentang politik dan hukum
|
Opini
|
Tentang pendapat
|
Internasional
|
Peristiwa yang terjadi di dunia
|
Humaniora
|
Tentang kehidupan
|
Sosok
|
Profil seseorang
|
Bisnis dan Keuangan
|
Tentang perdagangan dan ekonomi
|
Nusantara
|
Tentang Indonesia
|
Metropolitan
|
Tentang kota sekitar Jakarta
|
Olahraga
|
Tentang olahraga
|
Nama dan Peristiwa
|
Kehidupan artis
|
Karier
|
Kerja
|
Keluarga
|
Tentang keluarga
|
Setelah kita tahu tentang kolom khusus
di koran, kita
harus menanggapinya.Caramenanggapinya adalah
sebagai berikut.
1.
Tanggapan harus sesuai
dengan masalah
2.
Disampaikan secara jelas
3.
Alasannya masuk akal
4.
Alasannya tepat
5.
Bahasanya santun
D. Kegiatan
Pembelajaran 4
Mengenal Imbuhan me-
Imbuhan me- berfungsimembentuk
dua kata kerja aktif.Kata kerja aktif, artinya kata yang
melakukanpekerjaan.Dalam kalimat berkedudukan sebagai P atau predikat. Kata
kerja aktifterdiri dari dua,yaitu:
a.
Kata kerja aktif
transitif
Kata kerja aktif transitif, yaitu kata kerja yang memerlukan
objek.
Contoh: memukul, menembak, merebus.
Bila digunakan dalam kalimat, kata-kata itu harus dilengkapi
dengan objek.
Contoh: Adik memukul meja.
S P O
Kakak menembak burung.
S P O
b.
Kata kerja aktif intransitive
Kata kerja aktif intransitif, yaitu kata kerja yang tidak memerlukan
objek.
Contoh: menangis, menyanyi, mencair, memanas.
Contoh: Rina menangis.
S P
Sinta menyanyi.
S P
Mengubah Puisi ke dalam Bentuk Prosa
Puisi adalah karangan yang
bentuknya terikat dan bahasanya singkat, tetapi bermakna.Bentuknya terikat
karena di dalam puisi mempunyai aturan-aturan, yaitu:
a) Diikat adanya bait.
b) Diikat adanya larik atau baris tiap bait.
c) Diikat adanya jumlah suku kata tiap larik atau baris.
d) Diikat adanya sajak atau rima, yaitu persamaan bunyi.
e) Diikat adanya irama atau pertentangan bunyi.
Prosa adalah suatu karangan yang bentuknya bebas dan bahasanya
terurai.Bentuknyabebas karena tidak ada aturan khusus.Bahasanya terurai artinya
kata disesuaikan dengankalimat sehingga mudah dipahami.
Kita harus tahu, bahwa mengubah puisi menjadi prosa disebut
parafrase puisi. Parafrasebisa disebut mengungkapkan kembali suatu puisi dalam
bentuk lain, tetapi tidak mengubahmakna puisi. Langkah-langkah saat kita
memparafrasekan puisi adalah sebagai berikut.
a. Membaca puisi tersebut secara cermat.
b. Memerhatikan kata-kata yang sulit dalam puisi tersebut.
c. Mengungkapkan isi puisi tersebut berdasarkan kata-kata sulit
itu.
perhatikan
contoh parafrase berikut ini.
Tuhan Telah Menegurmu
Tuhan
telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat
anak-anak yang kelaparan
Tuhan
telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat
semayup suara adzan
....
Oleh Apip
Mustopa
Setelah diparafrase menjadi:
Tuhan Telah Menegurmu
(Tahukah)
Tuhan (kini) telah menegurmu (hai manusia) dengan cukup sopan
Lewat
(perut) anak-anak (jalanan) yang kelaparan
(Dengarkan)
Tuhan telah menegurmu (lagi) dengan cukup sopan
Lewat
semayup (kumandang) suara adzan
MODUL
5
KEGIATAN
A. Kegiatan
Pembelajaran 1
Menulis Hal Penting dari Teks Pengumuman
Pengumuman adalah penyampaian
informasi yang ditujukan kepada orang lain
dan
bersifat satu arah. Isi pengumuman bersifat umum danterbuka.Artinya, pengumuman
itu untuk diketahui semua orang.Saat kita membaca pengumuman, kita harus
memperhatikan:
1)
Kegiatan atau peristiwa dalam pengumuman tersebut.
2)
Pelaksanaan kegiatan tersebut.
3)
Orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
B. Kegiatan
Pembelajaran 2
Menyampaikan Informasi dari Teks Bacaan
Kita tentu pernah
membaca sebuah bacaan di koran ataupun majalah. Bacaan tersebutpasti mengandung
informasi. Informasi dari suatu bacaan akan mudah kita temukan jikakita perhatikan
langkah-langkahnya berikut ini.
a. Bacalah tulisan atau bacaan
tersebut dengan sungguh-sungguh.
b. Pahamilah isi bacaan, judul, isinya
tentang apa, dan bagaimana penyelesaiannya. Kitadapat membaca berkali-kali untuk memahami isi tulisan atau
bacaan.
c. Buatlah kesimpulan dengan mengambil
garis besar isi bacaan.
C. Kegiatan
Pembelajaran 3
Mendeskripsikan Penyajian Laporan Pengamatan
Pengamatan
atau observasi adalah pengawasan atau peninjauan secara cermat terhadapsuatu
kegiatan atau penelitian. Bila ingin mengadakan pengamatan, kita harus datang
ketempat yang ingin kitaamati atau tempat yang akan diobservasi. Jadi kita harus datinglangsung
ke lokasi untuk melakukan kegiatan observasi.Adapun hal-hal yang perlu kita ceritakan dalam
laporan pengamatan adalah sebagai berikut.
1. Nama tempat yang diamati
2. Hal yang diamati
3. Waktu pengamatan
4. Tujuan pengamatan
5. Pengamat
6.
Hasil pengamatan.
D. Kegiatan
Pembelajaran 4
Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup, Wesel Pos, dan Kartu Pos
Formulir adabermacam-macam. Ada formulir daftar riwayat hidup,
wesel pos, dan kartu pos.Daftar riwayat hidup adalah formulir yang berisi
tentang data diri seseorang secaralengkap. Mulai dari nama sampai pendidikan.
Daftar riwayat hidup biasanya dipakai seseoranguntuk melamar pekerjaan atau
mendaftarkan sekolah, les, dan menjadi anggota organisasi.Daftar riwayat hidup
berfungsi sebagai acuan untuk mengetahui data diri seseorang sehinggaorang
tersebut mudah dikenali.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
CALON SISWA SEKOLAH DASAR TUNAS BANGSA
1. Nama lengkap :
___________________________________
2. Nama panggilan : ___________________________________
3. Tempat, tanggal lahir :
___________________________________
4. Jenis kelamin :
___________________________________
5. Agama :
___________________________________
6. Alamat :
___________________________________
7. Nomor telepon :
___________________________________
8. Golongan darah :
___________________________________
9. Anak ke :
___________________________________
10. Orang tua
Ayah
:
___________________________________
Ibu
:
___________________________________
Pekerjaan
ayah :
___________________________________
Pekerjaan
ibu :
___________________________________
Alamat
orang tua :
___________________________________
11. Kegemaran :
___________________________________
12. Prestasi : ___________________________________
Demikian, daftar riwayat
hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
...,
.....
Ttd
(
)
Adapun wesel pos
adalah kartu yang digunakan untuk mengirim uang melalui pos.Meskipun sekarang
sudah banyak bank dan ATM, namun masih ada orang yang mengirimuang melalui
wesel. Wesel pos dikirim melalui kantor pos. Wesel berupa selembar kertas.Orang
yang menerima wesel akan mengambil uang ke kantor pos, tetapi harus
membawawesel sebagai tanda bukti.Perhatikan formulir wesel berikut ini.
Logo
|
Penguangan
Jumlah yang dikirim
Jenis wesel posTanggal Nomor
Terbilang:
Dikirim oleh:
Ditunjukkan kepada:
Cap
|
Berita........
Selain itu, ada
juga kartu pos, yaitu kartu yang berfungsi untuk mengirim surat. Kalimatdalam
kartu pos harus singkat, tidak boleh panjang lebar seperti dalam surat biasa.Perhatikan
kartu pos di bawah ini.
MODUL 6
KEKELUARGAAN
A. Kegiatan Pembelajaran 1
Menyimpulkan Isi Berita
Menyimpulkan adalah mengambil inti dari suatu bacaan atau
berita. Menyimpulkan
hampir sama dengan
meringkas. Bedanya, menyimpulkan hanya terdiri dari satu atau duakalimat,
sedangkan meringkas itu terdiri dari beberapa paragraf.Perhatikan
cara-caramenyimpulkan berikut ini.
a. Simaklah berita
dengan sungguh-sungguh. Mulai dari awal sampai akhir.
b. Mata kamu harus
berkonsentrasi pada televisi, karena dengan melihat televisi makaberita akan
lebih jelas.
c. Catatlah gagasan
pokok dari berita.
Gagasan pokok berita adalah apakah yang dibicarakan dalam
berita.Gagasan pokokharus kita tulis secara jelas. Jadi, mulai dari awal berita sampai akhir
beritamembicarakan tentang apa harus jelas.
d. Simpulkan gagasan
pokok di atas.
Kitaharus tahu, bahwa gagasan pokok berfungsi agar kita
lebih mudah dalammenyimpulkan isi berita. Catatan gagasan pokok juga berfungsi
sebagai pedoman saat kita ditanya tentang berita yang kamu baca atau kamu dengar.
B. Kegiatan Pembelajaran 2
Berpidato untuk Berbagai Keperluan
Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang
ditujukan kepadaorang banyak.Pidato dapat dilakukan
saat kamu ulang tahun, saat acara perpisahanatau saat ada kegiatan di sekolah.
Saat berpidato, harus memperhatikan lafal, intonasi, dan
sikap.Lafal adalahpengucapan kata atau kalimat.Saat mengucapkan kata atau
kalimat, harusmengucapkan dengan jelas. Jangan terlalu cepat saat berbicara,
karena orang yangmendengarkan akan bingung. Kita
juga cepat lelah, tetapi juga jangan terlalu lambat. Jikaterlalu lambat,
pendengar akan mengantuk dan bosan. Kita juga jangan
berbicara terlalukeras atau pelan. Sesuaikan dengan pendengar sehingga pidato kitaakan
enak didengar.
Selain lafal, harus memperhatikan intonasinya.Intonasi adalah
tekanan dalamsetiap kalimat.Kita harus berhenti jika kalimatnya diakhiri titik. Gunakan kalimat
tanya,jika itu kalimat tanya. Gunakan kalimat perintah jika kalimatnya diakhiri
tanda seru. Jikakita tidak mengikuti tanda baca, maka pendengar akan bingung dan
bertanya-tanya tentangpidato yang kita bacakan. Pidato juga tidak
akan enak didengar.
C. Kegiatan Pembelajaran 3
Menemukan Makna Tersirat dalam Teks Bacaan
Setiap bacaan tentu mengandung makna, baik itu makna tersirat
(tersembunyi) maupuntersurat (tertulis). Agar dapat menemukan makna tersirat
dalam suatu bacaan, kita harusmembaca bacaan tersebut dengan cara membaca intensif,
yaitu membaca dengan sungguhsungguh,detail, urut, dan rinci. Membaca intensif kita
lakukan saat kita mencari idepokok atau tema suatu bacaan.
Membaca intensif juga berfungsi untuk mengetahui lebih banyak
tentang bacaan.Misalnya, tentang penulisnya atau permasalahan yang dibicarakan
mulai dari awal masalahsampai pemecahan masalah atau akhir berita.Jadi, tiap
paragraf dalam bacaan harus kita pahami isinya, jangan ada yang terlewati.
D. Kegiatan Pembelajaran 4
Menyusun Naskah Pidato
Kita harus tahu bahwa di dalam naskah pidato ada tiga bagian yang
sangat penting.Tiga bagian itu, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.Sebelum
menyusun naskah pidato yanglengkap, perlu membuat kerangka naskah pidato
terlebih dahulu.Adapun Sebelummenyusun kerangka naskah pidato, kita
harus melakukan hal-hal berikut.
a. Menentukan tema.
b. Kamu harus
mengetahui untuk siapa pidato itu akan disampaikan.
c. Menentukan
pokok-pokok apa saja yang akan disampaikan.
Setelah melakukan
hal-hal di atas, selanjutnya kita tinggal mengembangkan kerangkanaskah pidato yang terdiri tiga
bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.Perhatikan kerangka naskah pidato
berikut ini.
·
Bagian pembuka
Bagian
pembuka berisi kata pengantar atau salam pembuka.
Kata
pengantar berisi tentang:
-
Sapaan kepada peserta dengan salam hormat.
-
Memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan.
·
Bagian isi
Bagian
isi berisi tentang:
-
Ucapan terima kasih.
-
Permintaan maaf bila ada kekurangan dalam penyelenggaraan acara.
-
Pokok-pokok yang ingin disampaikan.
·
Bagian penutup
-
Ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara.
-
Ucapan maaf bila ada salah satu kesalahan saat berpidato.
-
Mengucapkan kalimat penutup.
- Salam
penutup.
E. Kegiatan
Pembelajaran 5
Mengenal Kalimat Majemuk
Kalimat majemuk adalah kalimat-kalimat yang mengandung dua pola
kalimat atau lebih.Contoh:Ayahmenulissurat, adikberdiridi sampingnya
S P O S P
ket.tempat
Kalimat majemuk ada
bermacam-macam.Salah satunya,yaitu kalimat majemuk bertingkat.Kalimat majemuk
bertingkat adalah kalimat majemuk yang pola kalimatnya tidaksederajat.Artinya,
ada induk kalimat dan ada anak kalimat.Anak kalimat mempunyai banyakfungsi,
salah satunya berfungsi sebagai pengganti keterangan syarat.Kata yang
digunakanadalah jika, sekiranya, seandainya.Contoh kalimat majemuk
bertingkat adalah sebagai berikut.
Saya yakin sekolah kita akan lebih
maju
Induk kalimat
jika adik-adik rajin belajar
Anak kalimat
Demikian tadi sambutan dari saya
Induk kalimat
sekiranya ada kata-kata yang salah
saya mohon maaf
anak kalimat
Kami tidak akan melupakan jasa Bapak
Ibu guru
Induk kalimat
seandainya kami sudah menjadi orang
sukses
anak kalimat
MODUL
7
PAHLAWAN
A. Kegiatan
Pemebelajaran 1
Menceritakan Isi Drama
Drama adalah lukisan kehidupan dan watak manusia melalui gerak
dan dialog di ataspentas.Sebelum menceritakan drama, kita
harus tahu mengenai hal-hal yang ada dalamdrama terlebih dahulu.Hal-hal
tersebut adalah sebagai berikut.
a. Naskah drama
Naskah drama biasa disebut dengan skenario.Naskah drama berisi
tentang tema,dialog, plot, dan perwatakan tokoh.
b. Pemain
Pemain perempuan dalam drama disebut aktris dan yang laki-laki
disebut aktor.
c. Tempat pertunjukan
Tempat pertunjukan drama biasanya di panggung yang disebut
dengan teater.
d. Penonton
Penonton adalah salah satu faktor pendukung dalam drama. Jika
tidak ada penonton,maka pertunjukan drama tidak akan berjalan dengan lancar.
Adapun jika kita
ingin menceritakan isi drama, kita harus memperhatikan hal-halberikut ini.
• Perhatikan sungguh-sungguh pertunjukan drama tersebut.
• Catatlah hal-hal penting dalam drama, di antaranya:
- Apa judul drama tersebut?
- Siapa saja pemainnya?
- Di mana settingnya?
- Bagaimana jalan ceritanya?
• Susunlah hal-hal di atas menjadi kalimat yang baik.
• Ceritakanlah apa yang sudah kamu tulis dengan jelas dan urut.
B. Kegiatan
Pembelajaran 2
Melaporkan Isi Buku
Melaporkan adalah menyampaikan apa yang telah kita
lakukan, seperti membacabuku, bermain drama, kunjungan, atau pengamatan.
Berikut ini adalah cara-cara melaporkanisi buku.
a.
Bacalah buku secara intensif atau sungguh-sungguh.
b.
Catatlah:
1. Judul buku, tulislah dengan lengkap
2. Pengarang buku
Pengarang buku ada yang satu orang, ada yang lebih dari satu.
Jika lebih dari satu,kita dapat menulis nama satu orang. kemudian, ditambah
tulisan dan kawan-kawan.
3. Jumlah halaman
Jumlah halaman dapat kamu lihat pada daftar isi atau halaman
terakhir buku.
4. Isi buku
Isi buku yang harus kamu catat mulai halaman depan (cover)
sampai lampiran(kalau ada).
Contoh isi buku
pelajaran:
- Halaman
judul/cover
- Daftar tentang
buku
- Kata pengantar
- Daftar isi
- Penjabaran materi
tiap bab/pelajaran
- Soal semesteran
- Glosarium 􀃖Daftar kata sulit
dan artinya
- Daftar pustaka 􀃖buku yang dipakai
untuk acuan
- Lampiran
Isi buku di atas,
harus kita jelaskan secara rinci dan urut. Penjabaran materi jugaharus kita
jelaskan apa saja yang dibahas.
c. Tulislah catatan
di atas menjadi kalimat yang baik dan urut. Mulai dari judul bukusampai
lampiran dijelaskan secara urut.Jangan ada yang terlewati supaya orang yang diberi
laporan, jelas dan mengerti isi buku yang kita baca.
d. Laporkanlah apa
yang kamu catat dengan jelas.
Kita harus tahu, bahwa setiap buku mempunyai isi dan urutan isi
buku yang berbedabeda.Untuk itu, kita harus membaca intensif setiap buku supaya
pengetahuanmu bertambah.
C. Kegiatan
Pembelajaran 3
Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Drama
Unsur yang membangun drama antara lain:
a.
Sifat
Sifat
disebut juga watak tokoh. Watak dapat kamu jelaskan melalui:
-
Dialog yang dilakukan tokoh
-
Tingkah laku tokoh
b.
Latar
Latar
atau seting drama. Latar drama dapat kamu jelaskan melalui:
- Tata
pentas
– Prolo
c.
Tokoh
Tokoh
laki-laki disebut aktor, tokoh perempuan disebut aktris.Untuk menjelaskan
tokohkamu dapat menjelaskan melalui.
- Tata
rias
- Tata
kostum
d.
Tema
Tema
adalah hal pokok yang disampaikan dalam cerita.
e.
Jalan Cerita
Jalan
cerita disebut dengan plot. Kamu dapat menjelaskan plot melalui beberapa
halberikut ini.
• Saat drama dimulai kamu dapat menjelaskan tentang apa yang
dilakukan tokoh.
• Kamu dapat menjelaskan melalui masalah apa yang muncul dalam
drama.
• Kamu dapat menjelaskan melalui apa yang terjadi saat masa
mencapai puncak.
• Kamu dapat menjelaskan melalui cara tokoh menyelesaikan masalah.
• Kamu dapat menjelaskan melalui akhir cerita dalam drama.
f.
Amanat
Amanat
atau pesan dapat kamu jelaskan setelah kamu menyaksikan pentas dramasampai
selesai.Agar dapat mengambil amanat dari drama, kamu harus menyaksikan
dramamulai awal sampai akhir dengan sungguh-sungguh.
D. Kegiatan
Pembelajaran 4
Menulis Surat Resmi
Surat resmiadalah surat yang dibuat oleh lembaga atau organisasi
yang sifatnya resmi. Surat resmijuga dapat disebut surat dinas. Surat resmi
memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
- Format surat sudah baku.
- Menggunakan bahasa resmi, yaitu bahasa Indonesia baku.
- Terdapat nomor surat.
Keterangan:
1 : Kepala surat/kop surat 6
: Orang yang dituju 11 : Pembuat
surat
2 : Tanggal pembuatan surat 7
: Salam hormat 12 : Tanda
tangan
3 : Nomor 8
: Kata pengantar 13 : Nama
pembuat
4 : Lampiran 9
: Isi
5 : Perihal 10
: Kata penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar