Kamis, 18 April 2013

Contoh Modul Bahasa Indonesia


MODUL 1
INFORMASI

A.    Kegiatan Pembelajaran 1
Menemukan Hal-hal Penting dari Teks Bacaan
Setiap paragraf dalam sebuah bacaanterkandung hal-hal penting atau hal-hal pokok.Kita dapat menuliskan hal-hal penting dari bacaan yang kita baca atau kita dengar.Hal-hal penting dari sebuah bacaan dapat kita temukan jika kamu membuat rangkuman atau menyusun ikhtisarnya.Saat membuat rangkuman, kita harus tetap memperhatikan urutan isi dan sudut pandang penulis
B.     Kegiatan Pembelajaran 2
Menyampaikan Informasi
Informasi adalah kabar mengenai peristiwa. Informasi itu bisa kita dapat darikoran, majalah, televisi, radio dalam bentuk berita. Informasi juga dapat diperoleh melalui tuturan lisan, seperti pidato, seminar, dan ceramah.Informasi dianggap lengkap jika informasi yang disampaikan sesuai dengan informasi yang diterima.
Adapun cara menyampaikan pesan/informasi sebagai berikut.
1. Ingat-ingatlah pokok-pokok informasi yang hendak kamu sampaikan.
2. Sampaikan informasi itu kepada orang lain dengan runtut, baik, dan benar. Runtut, artinya informasi yang disampaikan urut dari awal sampai akhir dan antarinformasi saling berhubungan.
3. Informasi diucapkan dengan jelas dan dengan nada yang meyakinkan.
Perhatikan contoh bacaan berikut ini!

Punya Hobi itu Mengasyikkan
Kawan-kawan pasti punya hobi dong.Ada yang bilang hobinya tidur, main PS (PlayStation), main sepeda, atau sepak bola. Tetapi hobi itu apasih dan mengapa hobi tiaporang berbeda?
Hobi berasal dari bahasa Inggris, hobby artinya kegemaran atau kegiatan yang dilakukanpada waktu senggang. Hobi seseorang tidak harus sama dengan hobi anggota keluargaseperti ayah, ibu, kakak, atau adik. Hobi seseorang biasanya tidak beda jauh dengan hobiorang-orang terdekat. Hobi biasanya terbentuk oleh lingkungan.Misalnya bapak atau ibunyaseorang penulis, biasanya anaknya mempunyai hobi membaca, menulis, atau menggambar.
Hobi ada yang dilakukan sendiri, seperti membaca, menulis, menggambar, menyanyi,dan main piano. Sedangkan hobi yang harus dilakukan dalam sebuah tim atau berkelompokadalah jenis permainan atau olahraga seperti voli dan sepak bola.
Sumber: Kompas, 9 April 2006

Pesan yang disampaikan Rina dari berita di atas sebagaiberikut.
- Hobi artinya kegiatan yang dilakukan pada waktu senggang.
- Hobi ada yang dilakukan sendiri, ada pula yang harus dilakukan dalam kelompok.
- Hobi yang dilakukan sendiri, misalnya membaca, menulis, menggambar, menyanyi, dan main piano.
- Hobi yang dilakukan dalam kelompok, misalnya sepak bola, dan voli.
C.    Kegiatan Pembelajaran 3
Mendeskripsikan Laporan Pengamatan
Laporan biasa di sampaikan secaralisan, tetapi ada laporan yang disampaikan dengan cara ditulis. Nah, laporan itu adalah karangan yang berisikan penjelasan suatu hasil kegiatan.Laporan dibuat setelah kamu melakukan suatu kegiatan.
Adapun laporan pengamatan adalah membuat karangan sesuai dengan sesuatu yang diamati. Misalnya, laporan pengamatan pertandingan sepak bola, pengamatan cara guru mengajar, pengamatan lomba agustusan, pengamatan upacara bendera, dan pengamatan terhadap suatu tempat. Kita juga bisa mengamati berbagai hal yang ada di lingkungan rumah atau sekolah.
Jika ingin mendeskripsikan isi laporan pengamatan, kita harus membaca laporan pengamatan itu dengan sungguh-sungguh.selain itu, kita juga harus bisa memahami garis besar isi laporan pengamatan tersebut.
Adapun jika kita ingin membuat laporan pengamatan, kita bisa memperhatikan langkah-langkah berikut ini.
a. Tentukanlah apa yang kita amati
b. Siapkan lembar pengamatan seperti berikut ini.


Laporan Hasil Pengamatan
Nama Kegiatan     : ______________________________________________
Tempat                  : ______________________________________________
Tanggal                 : ______________________________________________
Waktu                   : ______________________________________________
Isi                          : ______________________________________________
Tempat, tanggal pembuatan
Pengamatan,
ttd
Nama pengamat

c. Isilah lembar pengamatan tersebut dengan bahasa yang baik dan jelas. Bahasa yangdigunakan adalah bahasa Indonesia yang baku. Bahasanya harus jelas artinya, tidak boleh membingungkan.Bila benar, harus ditulis benar dan bila salah harus ditulis salah.
d. Laporan pengamatan harus berdasarkan fakta atau kenyataan. Tulislah sesuai dengan apa yang kita amati. Kita jangan menambah atau mengurangi apa yang kita amati. Jika kita mengamati pertandingan sepak bola hasilnya 1-0, jangan kita tulis 1-1karena itu tidak sesuai fakta.
e. Tulislah secara menarik, lengkap, dan enak dibaca sehingga pembaca akan merasa senang saat membaca laporan yang kita buat.

D.    Kegiatan Pembelajaran 4
Mengisi Formulir Pendaftaran dan Kartu Anggota
Formulir pendaftaran adalah lembar isian tentang informasi pendaftaran. Contoh formulirpendaftaran yaitu formulir pandaftaran saat akan mengikuti suatu les, saat akan masuk sekolah atau saat akan mengikuti lomba. Formulir pendaftaran berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang telah mengikuti suatu kegiatan.Adapun kartu anggota adalah suatu kartu yang berisi data diri seseorang dalam suatu perkumpulan atau organisasi.Fungsinya sebagai bukti bahwa seseorang telah menjadi anggota suatu organisasi.Misalnya kartu anggota perpustakaan.Bila kamu memiliki kartu tersebut, berarti kamu telah menjadi anggota perpustakaan di sekolahmu.           
contoh formulir pendaftaran dan kartu anggota berikut ini.


FORMULIR PENDAFTARAN KURSUS
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : Amelia Sari
Tempat/Tanggal lahir : Jakarta, 1 Januari 1995
Jenis kelamin               : Perempuan
Agama                         : Islam
Alamat                        : Jalan Kerinci No.100, Jakarta Pusat
No. Telepon                : (021) 788753
Nama Orang Tua         : Burhanuddin
Pilihan Seni                 : musik/tari/tarik suara/teater*
Mengetahui                                                                       Jakarta, 6 November 2007
Orang tua,                                                                         pendaftar

Burhanuddin                                                                     Amelia Sari
* = coret yang tidak perlu


E.     Kegiatan Pembelajaran 5
Menggunakan Tanda Baca Titik Dua (:) dan Garis Miring (/)
Tanda baca adalah tanda yang digunakan saat kamu menulis.Tanda baca ada bermacam-macam.Ada tanda titik (.), tanda koma (,), tanda seru (!), tanda kurung(( )), tanda titik dua (:), dan tanda garis miring (/). Kali ini, kitaakan mempelajari tanda titik dua (:) dan garis miring (/).
Fungsi tanda baca titik dua (:) antara lain:
a.       Dipakai pada akhir suatu pernyataan yang diikuti rangkaian atau penjelasan.
Contoh: Kita memerlukan perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari.
b.      Dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan penjelasan.
Perhatikan contoh berikut.
Nama                           : Andina Putri
Tempat Tanggal lahir : Malang, 25 Agustus 1995
Alamat                        : Jalan Mangga No. 25 Malang
Adapun fungsi tanda garis miring (/) antara lain:
a.       Dipakai dalam nomor surat dan masa tahun yang terbagi dalam dua tahun berurutan. Perhatikan contoh berikut.
No. 7/ PK/2008
Tahun ajaran 2007/2008
b.      Dipakai sebagai pengganti kata atau tiap.
Perhatikan contoh beriku
Kita pilih biru/merah kita pilih biru atau merah.
Harganya Rp.100,00/lembar harganya Rp.100,00 tiap lembar.
Fungsi tanda baca titik dua nomor dua, dipakai sesudah kata atau ungkapan yangmemerlukan penjelasan sesuai dengan data formulir pendaftaran dan kartu anggota.Begitu juga dengan tanda garis miring.Tanda garis miring berfungsi sebagai pengganti kata atau, juga sesuai dengan data formulir pendaftaran dan kartu anggota.Tanda baca tersebut digunakan agar pengisiannya lebih mudah dan rapi.




MODUL 2
PERSAHABATAN

A.    Kegiatan Pemelajaran 1
Mengidentifikasi Tokoh, Watak. Latar, dan Amanat dari Cerita Anak
Cerpen atau cerita pendek adalah karangan yang melukiskan kehidupan seseorangsecara umum atau inti cerita saja.Di dalam cerpen hanya dilukiskan kehidupan seseorangsecara sepenggal saja, misalnya cerpen tentang cerita anak yang naik kelas, pergi ke kebunbinatang atau pergi ke pantai.
Ciri-ciri cerpen adalah sebagai berikut.
a. Ceritanya pendek sehingga kamu tidak butuh waktu lama untuk membacanya.
b. Hanya ada satu pokok cerita sehingga pembaca tidak bingung.
c. Tidak ada perubahan nasib tokoh. Artinya, jika menceritakan masa kecil maka saatdewasa tidak diceritakan.
d. Cerita disajikan dari perkenalan tokoh lalu adanya masalah, kemudian penyelesaian masalah.
Setiap cerita tentu mempunyai unsur-unsur pendukungnya. Unsur-unsur pendukungcerita antara lain:
1) tokoh, yaitu pelaku cerita. Pelaku cerita bisa manusia atau binatang.
2) watak, yaitu kepribadian tokoh.
3) latar, yaitu tempat terjadinya cerita.
4) amanat, yaitu pesan yang ingin disampaikan penulis cerpen kepada pembaca.
Mendengarkan cerita memangmengasyikkan.Setelah mendengarkan cerita kita bisa menentukan tema dari cerita itu Tema adalah pokok persoalan yang mendasaricerita.Tema dapat ditafsirkan secara sederhana lewat tokoh dan konflik yang dialamioleh tokoh-tokoh cerita.Pada konflik yang dialami tokoh-tokoh itulah tema lazimnyadiungkapkan. Tema dapat diketahui oleh pembaca setelah ia memahami keseluruhanisi cerita.
Langkah-langkah menentukan tema:
a.       Menentukan tokoh-tokohnya
b.      Menentukan konfliknya
Tema erat kaitannya dengan amanat.Amanat adalah pesan moral yang terkandungdalam cerita.Dahulu pesan moral disampaikan pengarang secara eksplisit, secara langsung. Sekarang cara seperti itu sudah ditinggalkan. Untuk menghindari kesan menggurui, pesan moral disampaikan secara implisit, tersirat melalui perilaku tokoh.Teknik demikian memberi keleluasaan pembaca untuk mencari dan menemukan sendiri pesan moral dalam cerita.
Amanat sebuah cerita dapat dirumuskan setelah pembaca menemukan temannya.Tema dan amanat berbeda dalam cara perumusannya. Tema dirumuskan dalam bentuk kalimat pernyataan, sedangkan amanat dirumuskan dalam bentuk kalimat perintah,saran, atau imbauan.
Misalnya, dari cerita kesombongan burung nuri diketahui bahwa tema ceritanya “Deo, si burungNuri yang sombong”. Amanatnya: kita tidak boleh sombong, harus mau bergaul dan peduli dengan sesama karena sebagai makhluk sosial, manusia tidak biashidup sendiri, selalu memerlukan bantuan orang lain.
B.     Kegiatan Pembelajaran 2
Mengkritik Suatu Hal disertai Alasan
Tanggapan adalah sikap terhadap sesuatu yang terjadi.Kamu pasti pernah memberikantanggapan.Tanggapan itu dapat berupa kritik.Kritik adalah tanggapan yang berisi tentangbaik buruk suatu hal.
Perhatikan contoh berikut.
Di kelasmu dipasang vas bunga yang sudah rusak. Kita mengkritik bahwa vasbunga itu tidak pantas dipasang di kelas, karena sudah rusak.
Agar kita dapat menyampaikan tanggapan yang berupa kritik, perhatikan cara-caranyaberikut ini.
a. Tanggapan harus sesuai dengan masalah yang ditanggapi.
b. Disampaikan secara jelas. Artinya, kalimat yang kamu gunakan tidak boleh berbelit-belit sehingga tidak membuat bingung.
c. Dinyatakan dengan alasan yang masuk akal.
d. Alasan yang digunakan harus tepat sehingga orang yang mendengar akan yakin dan percaya.
e. Bahasa yang digunakan harus santun. Artinya, bahasa yang kamu gunakan tidak boleh menyinggung perasaan orang lain.
C.    Kegiatan Pembelajaran 3
Menggunakan Kalimat Anjuran dan Permintaan
Kalimat anjuran dan permintaan digunakan untuk memberikan tanggapan.Kalimattersebut berisi tentang alasan dan penyelesaian suatu masalah.Kalimat anjuran memakaikata supaya, agar, untuk atau guna.Kalimat permintaan memakai kata bagaimanakalau, bagaimana seandainya, misalnya, jikalau, seharusnya atau sebaiknya.
Contoh penggunaan kalimat anjuran dan permintaan:
a. Saran
Berikut ini contoh kalimat saran terhadap berita flu burung agar orang yang punyaunggas tidak tersinggung.
Bagaimana kalau unggas-unggas itu dibersihkan tiap hari supaya tidak menularkanflu burung.
b. Kritik
Berikut ini contoh kalimat kritikan terhadap berita tentang pembuangan sampah disungai.
Seharusnya masyarakat tidak membuang sampah di sungai, guna mencegah banjir.


c. Permintaan
Berikut ini contoh kalimat permintaan terhadap berita tentang kerja bakti yang diadakansebulan sekali di sekolah.
Bagaimana seandainya kerja bakti diadakan dua minggu sekali supaya sekolahkita bersih.
D.    Kegiatan Pembelajaran 4
Menanggapi Informasi dari Kolom Khusus
Kolom khusus adalah kolom yang berisi hal-hal yang khusus.Kolom khusus majalahanak berarti kolom yang isinya hal-hal khusus masalah anak. Setiap koran atau majalahmempunyai nama kolom yang berbeda-beda. Contoh kolom di koran antara lain: kolomolahraga, kolom bisnis, dan kolom hiburan.
Berikut ini adalah contoh kolom majalah, khususnya majalah anak.
Tabel 1.Kolom majalah anak
Nama Kolom
Isi Kolom
Reportasia
Pengetahuan
Bobosiana
Menu dalam majalah
Apa kabar Bo?
Cara menyelesaikan masalah
Cerpen
Cerita pendek
Tak disangka
Cerita lucu
Profil
Kehidupan seseorang
Halamanku
Kiriman gambar dan puisi
Wisata pintar
Kegiatan di suatu tempat
Potret negeriku
Keadaan suatu tempat
Cerita serial
Cerita bersambung

Kita bisa memberikan tanggapanterhadap informasi dari majalah tersebut. Kita tentu masih ingat bagaimana cara menanggapi sebuah berita, bukan? Saat kita memberikan tanggapan, gunakan langkah-langkah berikut ini.
a. Bacalah kolom khusus dengan sungguh-sungguh.
b. Sebutkan = Nama kolom khusus : ?
                              Nama majalah : ?
                              Halaman : ?
                              Judul kolom khusus : ?
c.       Sampaikan isi tanggapan sesuai dengan masalah yang dibahas dengan jelas dan masukakal. Selain itu, gunakanlah bahasa yang santun.
E.     Kegiatan Pembelajaran 5
Meringkas dari Teks yang Dibaca
Berita takan lebih mudah kita ingat jika kita membuat ringkasannya.Meringkas disebut juga merangkum.Meringkasadalah suatu kegiatan memendekkan karangan atau suatu bacaan.kita harus tahu, saatmeringkas, isi ringkasan tidak boleh berbeda dari bacaan aslinya. Agar kita dapat membuatringkasan, perhatikan baik-baik langkah-langkah meringkas berikut ini.
a.       Bacalah berita dengan sungguh-sungguh. Artinya, kita harus membaca secara urutbacaan tersebut. Mulai dari judul sampai akhir bacaan. Jangan ada yang terlewati.Pahamilah isi berita tersebut. Bacalah dua sampai tiga kali untuk memahami isi berita.
b.      Carilah inti dari bacaan. Inti dari bacaan dapat kamu temukan dari setiap paragraf.Jadi, pusatkan perhatianmu pada setiap paragraf. Lalu tulislah hal-hal penting yang adadalam setiap paragrafnya.
c.       Tulislah secara urut mulai dari paragraf pertama sampai akhir paragraf. Jangan lupauntuk menulis judul berita yangkitaringkas.







MODUL 3
PARIWISATA
A.    Kegiatan Pembelajaran 1
Mencatat Hal-hal Pokok dari Isi Bacaan
Ketika membaca sebuah bacaan, kamu akan menemukan hal-hal pokok yang terdapatdalam tiap paragrafnya. Kita bisa membuat penyajian singkat dari bacaan tersebut dengantetap memperhatikan urutan isi dan sudut pandang penulisnya.
B.     Kegiatan Pembelajaran2
Mengkritik Sesuatu Disertai Alasan
Kita harus tahu, saat kita mengkritik sesuatu sifatnya harus membangun.Artinya,sesuatu yang kita kritik bisa menjadi lebih bagus lagi.Misalnya, kita ingin mengkritik teman yang bajunya tidak dimasukkan.Katakan bahwa itu tidak rapi dan melanggar tata tertib sekolah.Jadi, teman harus memasukkan bajunya. Janganlah kita memarahi teman karena akan menimbulkan sakit hati. Sekarang kita perhatikan caramengkritik berikut ini.
a.       Mengkritik harus sesuai dengan masalah.
b.      Berikan alasan yang tepat saat mengkritik. Misalnya, mengkritik teman yang selaluterlambat masuk sekolah. Katakan kepada teman bahwa kalau ia terlambat terusitu namanya melanggar tata tertib sekolah. Teman harus berangkat lebih pagi agartidak terlambat.
c.       Gunakan bahasa yang santun.
Artinya, bahasa yang kita gunakan tidak menyinggung perasaan orang yang kita kritik.Misalnya, mengkritik hasil gambar teman yang warnanya kurang.Katakan kepada teman bahwa warna gambarnya sudah bagus, tetapi masih kurang sedikit tebal.Jadi, teman harus menebalkannya agar lebih bagus. Kalimat itu tidak akan menyinggung perasaan teman. Janganlah kita menghina gambaran teman bilakurang bagus.Akan tetapi, berikan kritik dengan bahasa yang santun, seperti contoh diatas.
d.      Jangan memaksakan kritik kita untuk diterima, tetapi dengarlah pendapat orang yangkita kritik. Misalnya, mengkritik teman yang sangat boros. Katakan kepada teman bahwa boros itu tidak baik, lebih baik uangnya ditabung. Akan tetapi, jika teman tidak bisa menerima kritik kita karena dia anak orang kaya, kita jangan memaksa.Sebagai teman, kita sudah mengingatkan.
Sekarang kita sudah tahu tentang mengkritik dan cara-cara mengkritik.Selanjutnya bacalah percakapan yang berisi kritikan berikut ini.
Lomba Menyanyi
Mira dan Dona telah selesai mengikuti lomba menyanyi.Mira dan Dona lolos kebabak final.Mereka sangat senang, tetapi masih banyak hal yang harus diperbaiki untukmengikuti final.
Mira   : “Wah! Selamat ya, Don.Kamu masuk final.”
Dona  : “Selamat juga ya, Mir. Kamu juga masuk final.”
Mira   : “Don, saat kamu menyanyi suara kamu bagus sekali, tetapi penampilanmu akan  lebih bagus jika kamu lebih berekspresi. Gerakan-gerakan kamu perlu divariasi, jangan hanya seperti itu.Jadi, penonton tidak bosan.Pasti juri akan kagum dan memilihmu sebagai pemenang.”
Dona : “O, begitu ya, Mir. Jadi, gerakanku tadi kurang. Kalau begitu aku akan berlatih giat lagi. Eh, tadi suara dan penampilanmu sangat bagus. Tetapi lebih bagus lagi kalauinteraksimu dengan penonton ditambahlagi. Jadi,  penonton bisa ikut bernyanyi. Pasti semua milih kamu.”
Mira   : “Oya! kalau begitu besok saat bernyanyi aku akan berinteraksi dengan penonton supaya mereka senang.”
Dona : “Kalau begitu kita harus giat berlatih supaya besok kita bisa menang.”
Mira   : “OK! Sampai jumpa besok.”


Kritik yang disampaikan Mira dan Dona jelas, tepat, dan tidak menyinggung.kitapasti bisa melakukannya. kitaharus ingat, saat memberi kritik jangan sampai menyinggung perasaan teman.
C.    Kegiatan Pembelajaran 3
Mendeskripsikan Laporan Hasil Kunjungan
Laporan kunjungan adalah laporan yang dibuat setelah kita melakukan kunjungan kesuatu tempat.Kunjungan itu dapatkitalakukan ke tempat-tempat wisata, atau tempat-tempatbersejarah, seperti museum dan candi. Kunjungan tersebut akan lebih berkesan jikakita membuat laporannya.
Laporan kunjungan harus kita buat dengan sebenar-benarnya.kita tidak bolehmemalsukan isi laporan. Jika memberikan saran, saran harus bersifat membangun.Lalu,bagaimana menjelaskan laporan kunjungan yang sudah dibuat oleh teman?kita akandengan mudah menjelaskan laporan kunjungan tersebut jika memerhatikan hal-hal berikutini.
a.       Bacalah laporan kunjungan dengan sungguh-sungguh.
b.      Pahamilah isi laporan kunjungan.
c.       Catatlah secara urut laporan kunjungan tersebut mulai dari judul sampai penutup.
Perhatikan contoh laporan hasil kunjungan berikut ini.
LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
Nama acara    : Karya Wisata untuk Menambah Pengetahuan
Tujuan lokasi : Candi Prambanan
Peserta           : Semua siswa kelas 6 SDN 06 Malang
1. Uraian singkat perjalanan:
a) Pelaksanaan tanggal 27 Oktober 2007.
b) Berangkat jam 06.00.
c) Kami melewati kebun binatang Jurug Solo.
d) Tiba di Candi Prambanan jam 09.30.
2. Hal yang menyenangkan
a) Tempatnya bersih.
b) Candinya banyak sekali.
c) Bisa melihat patung Roro Jonggrang dan Lembu Andini di dalam candi.
d) Kami bertemu dengan juru kunci candi dan kami diceritakan kisah terjadinya candi Prambanan.
e) Kami membeli oleh-oleh untuk kenang-kenangan.
3. Hal yang menyedihkan:
a) Banyak sekali pengunjung sehingga suasananya menjadi sumpek.
b) Ada beberapa candi yang rusak.
c) Kurangnya pemandu wisata.
d) Tamannya kurang terawat.
4. Saran-saran yang perlu:
a) Sebaiknya candi yang rusak diperbaiki.
b) Sebaiknya ditambah pemandu wisata.
c) Sebaiknya tamannya dirawat.
Malang, 28 Oktober 2007
                                                                                                     Pelapor,

                                                                                                     Kiki Amalia

D.    Kegiatan Pembelajaran 4
Menyusun Percakapan
Percakapan adalah pembicaraan antara dua orang atau lebih mengenai suatu hal.Percakapan mempunyai banyak tujuan.Ada orang bercakap-cakap untuk urusan bisnis,sekolah, bermain, dan hiburan.Percakapan itu dapat kita lakukan saat belajar di sekolah, bermain, saat nonton televisi bersama keluarga, saat wawancara, atau saat bermain drama.
Saat menyusun percakapan, kita harus menentukan masalahnya terlebih dahulu.Kemudian menentukan pihak-pihak yang melakukan percakapan.Dalam penyusunanpercakapan, kita harus menentukan susunan kalimat serta pilihan kata yang sesuai.Selainhal-hal di atas, yang harus kita perhatikan adalah penggunaan ejaan.Berikut ini hal –halyang berkaitan dengan ejaan yang harus kita perhatikan pada saat menyusun percakapan.
a.       Judul di bagian tengah dengan huruf kapital.
b.      Nama penulis di bawah judul.
Contoh : PERGI KE BALI
Karya : Arina Putri
c.       Penulisan nama tokoh diawali huruf besar.
d.      Terdapat tanda titik dua setelah nama tokoh.
e.       Terdapat kata dengan huruf kapital pada awal kalimat.
Kita tentu masih ingat fungsi tanda baca titik dua.Perhatikan penggunaannyaberikut ini.
a.       Tanda titik dua dipakai di akhir pernyataan lengkap jika diikuti penjelasan.
Contoh: Ibu membeli bahan makanan: beras, gandum, sayur, dan buah.
b.      Dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan penjelasan.
Contoh: Ketua        : Iwan Setyawan
               Sekretaris  : Rika Damayanti
               Bendahara : Ela Lusiana
Ada satu lagi fungsi tanda baca titik dua, yaitu dipakai dalam teks sesudah kata yangmenunjukkan pelaku dalam percakapan.
Contoh:
Ibu    : (meletakkan beberapa kopor) ”Bawa kopor ini, Mir!”
Mira : “Baik, Bu.” (mengangkat kopor dan masuk).
Ibu    : “Jangan lupa, letakkan baik-baik!” (duduk di kursi besar).
Mira : “Ya, Bu.”
Ibu    : “Terima kasih, Mira.”





MODUL 4
LINGKUNGAN
A.    Kegiatan Pembelajaran 1
Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Dongeng
Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi.Dongeng diceritakan secaraturun-temurun oleh orang tua kepada anak-anaknya.Dongeng harus mempunyai unsur-unsur yang mendukung agar cerita itumenarik.Unsur-unsur tersebut disebut dengan unsur instrinsik.Perhatikan contoh unsur-unsur instrinsik dalam fabel berjudul kancil dan buaya berikutini.
1.       Fabel bertemakan pendidikan.
Fabel tersebut mengajarkan pendidikan kepada kamu bagaimana menjadi orang yangcerdik.
2.      Tokoh di dalam fabel adalah binatang yang bisa bicara.
Si Kancil adalah tokoh utamanya, buaya adalah tokoh pendukungnya.
3.      Si Kancil dalam dongeng mempunyai watak antagonis/baik. Meskipun kancil menipubuaya, dia baik. Macan mempunyai watak tritagonis karena menolong kancil, tetapi iajuga ingin memakan kancil.
4.      Fabel tersebut mempunyai latar di hutan dan sungai. Di hutan, saat kancil akan dimakanmacan. Di sungai, saat kancil akan dimakan buaya sekaligus ditolong buaya.
5.      Banyak hal yang dapat kamu dapat dari cerita si kancil dan buaya atau biasa disebutamanat, yaitu jadi orang cerdik itu sangat bermanfaat, tetapi gunakan kecerdikan ituuntuk kebaikan. Jadi, orang jangan suka menyakiti orang lain karena bisa merugikandiri sendiri.
Itulah unsur-unsur instrinsik dalam dongeng “Kancil dan Buaya”. berikut bacalah baik-baik contoh dongeng di bawah ini.
Sang Kancil Sebagai Penengah
Seekor menjangan betina dan seekor macan kumbang betina sudah lama bersahabat.Mereka memelihara anak-anak mereka di hutan yang sama. Persahabatan ituberlangsung dengan baik sampai tiba musim kemarau yang berkepanjangan. Dalamkeadaan sukar demikian itu, sang macan kumbang tidak dapat memperoleh binatangburuan untuk makan anak-anaknya yang sudah sangat kelaparan.
Pada suatu pagi, ia berkata kepada kawannya, sang menjangan, bahwa, kemarinmalam, ia bermimpi memakan menjangan. Kini, ia bertanya apakah kawannya setujuapabila ia melaksanakan mimpinya itu. Sudah tentu sang menjangan tidak setuju, sehinggantimbullah pertengkaran yang hebat.
Untuk mencari jalan keluar, mereka kemudian mengajukan masalah ini kehadapan hewan-hewan hutan lainnya. Semua hewan berpihak kepada sangmenjangan. Hal ini membuat sang macan kumbang tidak puas dan mengancamakan meneruskan niat buruknya. Oleh karena tak berdaya menolong sang menjangan,masalah ini oleh para hewan hutan diajukan ke kepala desa yang dijabat oleh seorangmanusia, sedangkan sang menjangan secara diam-diam menghubungi saudarasepupunya, sang kancil.
Keadilan dimintakan kepada kepala desa itu karena ia terkenal sebagai seorangpejabat yang sangat adil. Namun, karena diancam sang macan kumbang, ditambahlagi bahwa ia telah dijanjikan akan dihadiahi sebuah paha sang menjangan, maka didalam pengadilan ia telah berkeputusan untuk memihak kepada sang macankumbang. Namun, sebelum ia dapat mengucapkan keputusannya yang mengijinkansang macan kumbang untuk melaksanakan niatnya, tiba-tiba dilihatnya sang kancilmenaiki atap rumahnya sambil membawa obor. Menurut keterangan sang kancilkemarin malam ia telah bermimpi bahwa harus membakar desa itu sampai rata kebumi dan rumah paling dahulu harus dibakar adalah rumah sang kepala desa.Perbuatan hari ini sebenarnya adalah untuk melaksanakan mimpinya itu.
Sadar akan kesalahannya yang akan diperbuat, sang kepala desa memenangkanperkara sang menjangan. Sang macan kumbang karena kalah dalam pengadilan initelah membawa anak-anaknya pindah ke hutan lain.
Sumber: Folklor Indonesia James Danandjaja
B.  Kegiatan Pembelajaran 2
Memuji Sesuatu dengan Disertai Alasan
Memuji adalahperbuatan yang baik, tetap memuji itu juga ada batasnya.Kamu tidak boleh berlebihan saatmemuji karena hal itu justru tidak pantas.Saat kita memuji teman, tentu ada alasannya.Biasanya kita memuji kepada teman yang mempunyai prestasi, memenangkan perlombaan,atau teman yang memiliki kepandaian atau keterampilan.Perhatikan contoh kalimatpujian berikut ini.
1.      Kamu memang hebat bisa memenangkan lomba catur itu!
2.      Selamat, ya, kelasmu menjadi kelas terbersih di sekolah ini.
3.      Wah, kamu memang pintar bermain bola.
4.      Aku ikut bangga kamu bisa ikut audisi menyanyi itu.
5.      Wah, kamu memang benar-benar anak yang baik hati.
Kitadapat memberikan pujian kepada siapa saja.Selain prestasi, sifat terpuji, ataukepandaian, kita juga dapat memuji hal-hal atau benda yang baik atau bagus yang dimilikioleh teman.
1.      Wah, tas barumu bagus sekali!
2.      Bagus sekali bajumu ,Tin!
3.      Di mana kamu membeli sepeda sebagus ini?
4.      Sepatumu yang kupinjam itu enak sekali dipakai.
5.      Kamu cocok sekali memakai baju itu.
C.  Kegiatan Pembelajaran 3
Menanggapi Informasi dari Kolom Khusus
Kolom khusus tidak hanya terdapat di majalah. Di koran juga ada kolom khusus.Kolom khusus tersebut berfungsi agar orang lebih mudah memahami isi koran. Setiap kolomkhusus di koran, mempunyai berita yang berbeda-beda sesuai nama kolomnya. Perhatikancontoh kolom khusus di koran berikut ini!
Nama Kolom
Isi Kolom
Politik dan Hukum
Berita tentang politik dan hukum
Opini
Tentang pendapat
Internasional
Peristiwa yang terjadi di dunia
Humaniora
Tentang kehidupan
Sosok
Profil seseorang
Bisnis dan Keuangan
Tentang perdagangan dan ekonomi
Nusantara
Tentang Indonesia
Metropolitan
Tentang kota sekitar Jakarta
Olahraga
Tentang olahraga
Nama dan Peristiwa
Kehidupan artis
Karier
Kerja
Keluarga
Tentang keluarga
Setelah kita tahu tentang kolom khusus di koran, kita harus menanggapinya.Caramenanggapinya adalah sebagai berikut.
1.      Tanggapan harus sesuai dengan masalah
2.      Disampaikan secara jelas
3.      Alasannya masuk akal
4.       Alasannya tepat
5.      Bahasanya santun
D.  Kegiatan Pembelajaran 4
Mengenal Imbuhan me-
Imbuhan me- berfungsimembentuk dua kata kerja aktif.Kata kerja aktif, artinya kata yang melakukanpekerjaan.Dalam kalimat berkedudukan sebagai P atau predikat. Kata kerja aktifterdiri dari dua,yaitu:
a.      Kata kerja aktif transitif
Kata kerja aktif transitif, yaitu kata kerja yang memerlukan objek.
Contoh: memukul, menembak, merebus.
Bila digunakan dalam kalimat, kata-kata itu harus dilengkapi dengan objek.
Contoh: Adik memukul meja.
S          P          O
               Kakak menembak burung.
S P O
b.       Kata kerja aktif intransitive
Kata kerja aktif intransitif, yaitu kata kerja yang tidak memerlukan objek.
Contoh: menangis, menyanyi, mencair, memanas.
Contoh: Rina menangis.
S P
Sinta menyanyi.
S P
E.  Kegiatan Pembelajaran 5
Mengubah Puisi ke dalam Bentuk Prosa
Puisi adalah karangan yang bentuknya terikat dan bahasanya singkat, tetapi bermakna.Bentuknya terikat karena di dalam puisi mempunyai aturan-aturan, yaitu:
a) Diikat adanya bait.
b) Diikat adanya larik atau baris tiap bait.
c) Diikat adanya jumlah suku kata tiap larik atau baris.
d) Diikat adanya sajak atau rima, yaitu persamaan bunyi.
e) Diikat adanya irama atau pertentangan bunyi.
Prosa adalah suatu karangan yang bentuknya bebas dan bahasanya terurai.Bentuknyabebas karena tidak ada aturan khusus.Bahasanya terurai artinya kata disesuaikan dengankalimat sehingga mudah dipahami.
Kita harus tahu, bahwa mengubah puisi menjadi prosa disebut parafrase puisi. Parafrasebisa disebut mengungkapkan kembali suatu puisi dalam bentuk lain, tetapi tidak mengubahmakna puisi. Langkah-langkah saat kita memparafrasekan puisi adalah sebagai berikut.
a. Membaca puisi tersebut secara cermat.
b. Memerhatikan kata-kata yang sulit dalam puisi tersebut.
c. Mengungkapkan isi puisi tersebut berdasarkan kata-kata sulit itu.
perhatikan contoh parafrase berikut ini.
Tuhan Telah Menegurmu
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat semayup suara adzan
....
Oleh Apip Mustopa

Setelah diparafrase menjadi:
Tuhan Telah Menegurmu
(Tahukah) Tuhan (kini) telah menegurmu (hai manusia) dengan cukup sopan
Lewat (perut) anak-anak (jalanan) yang kelaparan
(Dengarkan) Tuhan telah menegurmu (lagi) dengan cukup sopan
Lewat semayup (kumandang) suara adzan



MODUL 5
KEGIATAN
A.  Kegiatan Pembelajaran 1
Menulis Hal Penting dari Teks Pengumuman
Pengumuman adalah penyampaian informasi yang ditujukan kepada orang lain
dan bersifat satu arah. Isi pengumuman bersifat umum danterbuka.Artinya, pengumuman itu untuk diketahui semua orang.Saat kita membaca pengumuman, kita harus memperhatikan:
1) Kegiatan atau peristiwa dalam pengumuman tersebut.
2) Pelaksanaan kegiatan tersebut.
3) Orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut.
B.  Kegiatan Pembelajaran 2
Menyampaikan Informasi dari Teks Bacaan
Kita tentu pernah membaca sebuah bacaan di koran ataupun majalah. Bacaan tersebutpasti mengandung informasi. Informasi dari suatu bacaan akan mudah kita temukan jikakita perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.
a. Bacalah tulisan atau bacaan tersebut dengan sungguh-sungguh.
b. Pahamilah isi bacaan, judul, isinya tentang apa, dan bagaimana penyelesaiannya. Kitadapat membaca berkali-kali untuk memahami isi tulisan atau bacaan.
c. Buatlah kesimpulan dengan mengambil garis besar isi bacaan.
C.  Kegiatan Pembelajaran 3
Mendeskripsikan Penyajian Laporan Pengamatan
Pengamatan atau observasi adalah pengawasan atau peninjauan secara cermat terhadapsuatu kegiatan atau penelitian. Bila ingin mengadakan pengamatan, kita harus datang ketempat yang ingin kitaamati atau tempat yang akan diobservasi. Jadi kita harus datinglangsung ke lokasi untuk melakukan kegiatan observasi.Adapun hal-hal yang perlu kita ceritakan dalam laporan pengamatan adalah sebagai berikut.
1. Nama tempat yang diamati
2. Hal yang diamati
3. Waktu pengamatan
4. Tujuan pengamatan
5. Pengamat
6. Hasil pengamatan.
D.  Kegiatan Pembelajaran 4
Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup, Wesel Pos, dan Kartu Pos
Formulir adabermacam-macam. Ada formulir daftar riwayat hidup, wesel pos, dan kartu pos.Daftar riwayat hidup adalah formulir yang berisi tentang data diri seseorang secaralengkap. Mulai dari nama sampai pendidikan. Daftar riwayat hidup biasanya dipakai seseoranguntuk melamar pekerjaan atau mendaftarkan sekolah, les, dan menjadi anggota organisasi.Daftar riwayat hidup berfungsi sebagai acuan untuk mengetahui data diri seseorang sehinggaorang tersebut mudah dikenali.
Perhatikan formulir daftar riwayat hidup berikut.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
CALON SISWA SEKOLAH DASAR TUNAS BANGSA
1. Nama lengkap             : ___________________________________
2. Nama panggilan          : ___________________________________
3. Tempat, tanggal lahir               : ___________________________________
4. Jenis kelamin               : ___________________________________
5. Agama                          : ___________________________________
6. Alamat                          : ___________________________________
7. Nomor telepon             : ___________________________________
8. Golongan darah          : ___________________________________
9. Anak ke                        : ___________________________________
10. Orang tua
Ayah                            : ___________________________________
Ibu                               : ___________________________________
Pekerjaan ayah         : ___________________________________
Pekerjaan ibu             : ___________________________________
Alamat orang tua      : ___________________________________
11. Kegemaran                : ___________________________________
12. Prestasi                        : ___________________________________

Demikian, daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
                                                                                                                        ..., .....
                                                                                                                           Ttd
                                                                                                                 ( )

Adapun wesel pos adalah kartu yang digunakan untuk mengirim uang melalui pos.Meskipun sekarang sudah banyak bank dan ATM, namun masih ada orang yang mengirimuang melalui wesel. Wesel pos dikirim melalui kantor pos. Wesel berupa selembar kertas.Orang yang menerima wesel akan mengambil uang ke kantor pos, tetapi harus membawawesel sebagai tanda bukti.Perhatikan formulir wesel berikut ini.





Logo
WESEL POS DALAM NEGERI                   WP-1

                                                                                                                               Penguangan      
Pos IndonesiaWESTRONWESTRONWESEL POS

Jumlah yang dikirim Jenis wesel posTanggal Nomor
 


   Terbilang:
 

   Dikirim oleh:                                                             Ditunjukkan kepada:
 

Cap
Rp.                                          Tanda terimaPetugas pos
 

Berita........

Selain itu, ada juga kartu pos, yaitu kartu yang berfungsi untuk mengirim surat. Kalimatdalam kartu pos harus singkat, tidak boleh panjang lebar seperti dalam surat biasa.Perhatikan kartu pos di bawah ini.
 



















MODUL 6
KEKELUARGAAN
A.  Kegiatan Pembelajaran 1
Menyimpulkan Isi Berita
Menyimpulkan adalah mengambil inti dari suatu bacaan atau berita. Menyimpulkan
hampir sama dengan meringkas. Bedanya, menyimpulkan hanya terdiri dari satu atau duakalimat, sedangkan meringkas itu terdiri dari beberapa paragraf.Perhatikan cara-caramenyimpulkan berikut ini.
a. Simaklah berita dengan sungguh-sungguh. Mulai dari awal sampai akhir.
b. Mata kamu harus berkonsentrasi pada televisi, karena dengan melihat televisi makaberita akan lebih jelas.
c. Catatlah gagasan pokok dari berita.
Gagasan pokok berita adalah apakah yang dibicarakan dalam berita.Gagasan pokokharus kita tulis secara jelas. Jadi, mulai dari awal berita sampai akhir beritamembicarakan tentang apa harus jelas.
d. Simpulkan gagasan pokok di atas.
Kitaharus tahu, bahwa gagasan pokok berfungsi agar kita lebih mudah dalammenyimpulkan isi berita. Catatan gagasan pokok juga berfungsi sebagai pedoman saat kita ditanya tentang berita yang kamu baca atau kamu dengar.
B.   Kegiatan Pembelajaran 2
Berpidato untuk Berbagai Keperluan
Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepadaorang banyak.Pidato dapat dilakukan saat kamu ulang tahun, saat acara perpisahanatau saat ada kegiatan di sekolah.
Saat berpidato, harus memperhatikan lafal, intonasi, dan sikap.Lafal adalahpengucapan kata atau kalimat.Saat mengucapkan kata atau kalimat, harusmengucapkan dengan jelas. Jangan terlalu cepat saat berbicara, karena orang yangmendengarkan akan bingung. Kita juga cepat lelah, tetapi juga jangan terlalu lambat. Jikaterlalu lambat, pendengar akan mengantuk dan bosan. Kita juga jangan berbicara terlalukeras atau pelan. Sesuaikan dengan pendengar sehingga pidato kitaakan enak didengar.
Selain lafal, harus memperhatikan intonasinya.Intonasi adalah tekanan dalamsetiap kalimat.Kita harus berhenti jika kalimatnya diakhiri titik. Gunakan kalimat tanya,jika itu kalimat tanya. Gunakan kalimat perintah jika kalimatnya diakhiri tanda seru. Jikakita tidak mengikuti tanda baca, maka pendengar akan bingung dan bertanya-tanya tentangpidato yang kita bacakan. Pidato juga tidak akan enak didengar.
C.  Kegiatan Pembelajaran 3
Menemukan Makna Tersirat dalam Teks Bacaan
Setiap bacaan tentu mengandung makna, baik itu makna tersirat (tersembunyi) maupuntersurat (tertulis). Agar dapat menemukan makna tersirat dalam suatu bacaan, kita harusmembaca bacaan tersebut dengan cara membaca intensif, yaitu membaca dengan sungguhsungguh,detail, urut, dan rinci. Membaca intensif kita lakukan saat kita mencari idepokok atau tema suatu bacaan.
Membaca intensif juga berfungsi untuk mengetahui lebih banyak tentang bacaan.Misalnya, tentang penulisnya atau permasalahan yang dibicarakan mulai dari awal masalahsampai pemecahan masalah atau akhir berita.Jadi, tiap paragraf dalam bacaan harus kita pahami isinya, jangan ada yang terlewati.
D.  Kegiatan Pembelajaran 4
Menyusun Naskah Pidato
Kita harus tahu bahwa di dalam naskah pidato ada tiga bagian yang sangat penting.Tiga bagian itu, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.Sebelum menyusun naskah pidato yanglengkap, perlu membuat kerangka naskah pidato terlebih dahulu.Adapun Sebelummenyusun kerangka naskah pidato, kita harus melakukan hal-hal berikut.
a. Menentukan tema.
b. Kamu harus mengetahui untuk siapa pidato itu akan disampaikan.
c. Menentukan pokok-pokok apa saja yang akan disampaikan.
Setelah melakukan hal-hal di atas, selanjutnya kita tinggal mengembangkan kerangkanaskah pidato yang terdiri tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.Perhatikan kerangka naskah pidato berikut ini.
·         Bagian pembuka
Bagian pembuka berisi kata pengantar atau salam pembuka.
Kata pengantar berisi tentang:
- Sapaan kepada peserta dengan salam hormat.
- Memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan.

·         Bagian isi
Bagian isi berisi tentang:
- Ucapan terima kasih.
- Permintaan maaf bila ada kekurangan dalam penyelenggaraan acara.
- Pokok-pokok yang ingin disampaikan.
·         Bagian penutup
- Ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara.
- Ucapan maaf bila ada salah satu kesalahan saat berpidato.
- Mengucapkan kalimat penutup.
- Salam penutup.
E.  Kegiatan Pembelajaran 5
Mengenal Kalimat Majemuk
Kalimat majemuk adalah kalimat-kalimat yang mengandung dua pola kalimat atau lebih.Contoh:Ayahmenulissurat, adikberdiridi sampingnya
S P O S P ket.tempat
Kalimat majemuk ada bermacam-macam.Salah satunya,yaitu kalimat majemuk bertingkat.Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk yang pola kalimatnya tidaksederajat.Artinya, ada induk kalimat dan ada anak kalimat.Anak kalimat mempunyai banyakfungsi, salah satunya berfungsi sebagai pengganti keterangan syarat.Kata yang digunakanadalah jika, sekiranya, seandainya.Contoh kalimat majemuk bertingkat adalah sebagai berikut.
Saya yakin sekolah kita akan lebih maju
Induk kalimat
jika adik-adik rajin belajar
Anak kalimat
Demikian tadi sambutan dari saya
Induk kalimat
sekiranya ada kata-kata yang salah saya mohon maaf
anak kalimat
Kami tidak akan melupakan jasa Bapak Ibu guru
Induk kalimat
seandainya kami sudah menjadi orang sukses
anak kalimat

MODUL 7
PAHLAWAN
A.  Kegiatan Pemebelajaran 1
Menceritakan Isi Drama
Drama adalah lukisan kehidupan dan watak manusia melalui gerak dan dialog di ataspentas.Sebelum menceritakan drama, kita harus tahu mengenai hal-hal yang ada dalamdrama terlebih dahulu.Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.
a. Naskah drama
Naskah drama biasa disebut dengan skenario.Naskah drama berisi tentang tema,dialog, plot, dan perwatakan tokoh.
b. Pemain
Pemain perempuan dalam drama disebut aktris dan yang laki-laki disebut aktor.
c. Tempat pertunjukan
Tempat pertunjukan drama biasanya di panggung yang disebut dengan teater.
d. Penonton
Penonton adalah salah satu faktor pendukung dalam drama. Jika tidak ada penonton,maka pertunjukan drama tidak akan berjalan dengan lancar.
Adapun jika kita ingin menceritakan isi drama, kita harus memperhatikan hal-halberikut ini.
• Perhatikan sungguh-sungguh pertunjukan drama tersebut.
• Catatlah hal-hal penting dalam drama, di antaranya:
- Apa judul drama tersebut?
- Siapa saja pemainnya?
- Di mana settingnya?
- Bagaimana jalan ceritanya?
• Susunlah hal-hal di atas menjadi kalimat yang baik.
• Ceritakanlah apa yang sudah kamu tulis dengan jelas dan urut.
B.  Kegiatan Pembelajaran 2
Melaporkan Isi Buku
Melaporkan adalah menyampaikan apa yang telah kita lakukan, seperti membacabuku, bermain drama, kunjungan, atau pengamatan. Berikut ini adalah cara-cara melaporkanisi buku.
a.    Bacalah buku secara intensif atau sungguh-sungguh.
b.    Catatlah:
1. Judul buku, tulislah dengan lengkap
2. Pengarang buku
Pengarang buku ada yang satu orang, ada yang lebih dari satu. Jika lebih dari satu,kita dapat menulis nama satu orang. kemudian, ditambah tulisan dan kawan-kawan.
3. Jumlah halaman
Jumlah halaman dapat kamu lihat pada daftar isi atau halaman terakhir buku.
4. Isi buku
Isi buku yang harus kamu catat mulai halaman depan (cover) sampai lampiran(kalau ada).
Contoh isi buku pelajaran:
- Halaman judul/cover
- Daftar tentang buku
- Kata pengantar
- Daftar isi
- Penjabaran materi tiap bab/pelajaran
- Soal semesteran
- Glosarium 􀃖Daftar kata sulit dan artinya
- Daftar pustaka 􀃖buku yang dipakai untuk acuan
- Lampiran
Isi buku di atas, harus kita jelaskan secara rinci dan urut. Penjabaran materi jugaharus kita jelaskan apa saja yang dibahas.
c. Tulislah catatan di atas menjadi kalimat yang baik dan urut. Mulai dari judul bukusampai lampiran dijelaskan secara urut.Jangan ada yang terlewati supaya orang yang diberi laporan, jelas dan mengerti isi buku yang kita baca.
d. Laporkanlah apa yang kamu catat dengan jelas.
Kita harus tahu, bahwa setiap buku mempunyai isi dan urutan isi buku yang berbedabeda.Untuk itu, kita harus membaca intensif setiap buku supaya pengetahuanmu bertambah.




C. Kegiatan Pembelajaran 3
Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Drama
Unsur yang membangun drama antara lain:
a.       Sifat
Sifat disebut juga watak tokoh. Watak dapat kamu jelaskan melalui:
- Dialog yang dilakukan tokoh
- Tingkah laku tokoh
b.       Latar
Latar atau seting drama. Latar drama dapat kamu jelaskan melalui:
- Tata pentas
– Prolo
c.       Tokoh
Tokoh laki-laki disebut aktor, tokoh perempuan disebut aktris.Untuk menjelaskan tokohkamu dapat menjelaskan melalui.
- Tata rias
- Tata kostum
d.      Tema
Tema adalah hal pokok yang disampaikan dalam cerita.
e.       Jalan Cerita
Jalan cerita disebut dengan plot. Kamu dapat menjelaskan plot melalui beberapa halberikut ini.
Saat drama dimulai kamu dapat menjelaskan tentang apa yang dilakukan tokoh.
Kamu dapat menjelaskan melalui masalah apa yang muncul dalam drama.
Kamu dapat menjelaskan melalui apa yang terjadi saat masa mencapai puncak.
Kamu dapat menjelaskan melalui cara tokoh menyelesaikan masalah.
Kamu dapat menjelaskan melalui akhir cerita dalam drama.
f.       Amanat
Amanat atau pesan dapat kamu jelaskan setelah kamu menyaksikan pentas dramasampai selesai.Agar dapat mengambil amanat dari drama, kamu harus menyaksikan dramamulai awal sampai akhir dengan sungguh-sungguh.


D. Kegiatan Pembelajaran 4
Menulis Surat Resmi
Surat resmiadalah surat yang dibuat oleh lembaga atau organisasi yang sifatnya resmi. Surat resmijuga dapat disebut surat dinas. Surat resmi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
- Format surat sudah baku.
- Menggunakan bahasa resmi, yaitu bahasa Indonesia baku.
- Terdapat nomor surat.
perhatikan format surat resmi berikut ini.
1

                                    3                                                                                        2
                                    4
                                    5

                                    6                                7

                                                                        8


                                                                                                                                             9


                                                                        10
                                                                                                                                             11
                                                                                                                                             12
                                                                                                                                             13

Keterangan:
1 : Kepala surat/kop surat              6 : Orang yang dituju         11 : Pembuat surat
2 : Tanggal pembuatan surat          7 : Salam hormat                12 : Tanda tangan
3 : Nomor                                      8 : Kata pengantar              13 : Nama pembuat
4 : Lampiran                                  9 : Isi
5 : Perihal                                      10 : Kata penutup

Tidak ada komentar: