RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD……………….
Kelas/Semester : IV/1
Tema/Sub
Tema : Peduli Terhadap Mahluk
Hidup/ 1
Pertemuan Ke : 3
A.
Kompetensi
Inti
KI
1 : Menerima,
mennjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
KI
2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga,
teman, guru, dan
tetangganya.
KI
3 : Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, mahluk
ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda – benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
KI
4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang
mencerminkan
perilau anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
r IPA
Kompetesi Dasar:
3.1
Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya.
3.2
Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar ( morfologi ) tubuh hewan
dan tumbuhan serta fungsinya.
r Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, buyi dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak, energy paas, buyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih da memilah kosakata
baku.
r IPS
Kompetensi Dasar:
3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial
budaya, dan ekonomi.
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan ligkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
r PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari – hari
di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat.
C.
Indikator
r IPA
· Menuliskan
hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya.
r Bahasa Indonesia
· Menggali
informasi laporan hasil pegamatan.
r IPS
· Menjelaskan
hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan.
r PPKn
· Memberikan
contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan setelah berdiskusi.
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Setelah melakukan pengamatan, siswa
mampu menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya
dengan benar.
·
Setelah membaca dan berdiskusi tentang
laporan hasil pengamatan, siswa mampu menggali informasi dari teks laporan
pengamatan lebih mendalam.
·
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia
dengan tumbuhan dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak
– banyaknya.
E.
Materi
Ajar
a. Tumbuhan
b. Laporan
Hasil Pengamatan
c. Interaksi
Manusia dalam Lingkungan Alam, Sosial, budaya, dan ekonomi
d. Kewajiban
Sebagai Warga Negara
F.
Alokasi
Waktu
6 x 35 menit
G.
Pendekatan
Saintifik
H.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan
Pembuka
|
· Guru
memberikan salam dan mengajak peserta didik berdo’a sebelum belajar.
· Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
· Guru
menyampaikan tema yang akan diajarkan. Temanya adalah “Peduli Terhadap Mahluk
Hidup”.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pertemuan tersebut.
· Guru
mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”.
Guru memberikan pertanyaan penggiring
kepada peserta didik:
- Mahluk
hidup apa yang terdapat pada lagu “Lihat Kebunku” yang telah kita nyanyikkan?
- Pernahkah
kalian melihat bunga?
- Apakah
bunga termasuk jenis hewan atau
tumbuhan?
- Coba
kalian sebutkan tumbuhan apa saja yang terdapat disekitar rumah kalian !
- Selain
bunga, sebutkan bagian – bagian tumbuhan lainnya!
·
Guru menceritakan sebuah cerita
yang berjudul “Pangeran Bunga”.
·
Setelah bercerita, guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik :
-
Sebutkan amanat/pesan yang
terkandung dalam cerita yang telah ibu
guru ceritakan tadi!
|
6 x 35 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Jenis Pengelompokan :
Kelompok dan individu
1.Guru
membagi peserta didik menjadi 3 kelompok secara heterogen.
2.Guru
menjelaskan kepada peserta didik kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
Kelompok 1 mengamati
daun, kelompok 2 mengamati bunga, dan kelompok 3 mengamati buah. Setelah
kalian melakukan pengamatan tulislah deskripsi bagian tumbuhan yang telah
kalian amati. Seperti bagaimana bentuk, warna, ukuran, tekstur, dan fungsinya.
3. Setelah
melakukan pengamatan, salah satu perwakilan peserta didik dalam setiap
kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain secara
bergiliran. Diharapkan setiap anggota kelompok yang mendengarkan akan memberikan
masukan atau komentar.(Penilaian 1)
4. Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling mengajukan pertanyaan
megenai hasil pengamatan yang telah mereka lakukan.(Penilaian 2)
5. Peserta
didik diberikan pertanyaan tambahan untuk menguatkan kembali tentang tema
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.
“Apalagi yang kalian
ingin ketahui megenai tumbuhan?
6. Peserta
didik mengerjakan tugas yang ada di buku siswa.
Secara berkelompok,
peserta didik membaca teks yang terdapat pada buku siswa. Kemudian peserta
didik membuat daftar kata – kata baru yang belum mereka pahami artinya.
Kemudian mereka mendiskusikan kata – kata tersebut dalam kelompok dan menduga
artinya. Setelah beberapa menit, peserta didik menuliskan kata – kata
tersebut beserta artinya di papan tulis. Setelah itu, guru akan mendiskusikan
hasilnya dengan peserta didik.
7. Peserta
didik mengamati dua gambar yang terdapat pada buku siswa.
8. Setelah melakukan pengamatan, peserta didik menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. , pertanyaannya antara lain :
·
Apa hubungan yang terjadi antara
lebah dan bunga?
·
Apa manfaat yang diperoleh lebah?
Jelaskan!
·
Apa manfaat yang diperoleh bunga?
Jelaskan!
·
Apa hubungan yang terjadi antara
Lani dengan bunga?
·
Apa manfaat yang diperoleh bunga?
·
Apa manfaat yang diperoleh Lani?
9. Setelah
peserta didik menjawab pertanyaan secara individu, mereka kemudian saling
bertukar buku searah jarum jam dalam kelompok. Masing – masing peserta didik
bisa menambahkan atau memberi saran tentang jawaban yang terdapat pada buku
temannya.
10. Peserta
didik diberikan pertanyaan – pertanyaan lain :
-
Jelaskan mengapa hubungan antara
manusia, tumbuhan, dan hewan penting?
-
Apa kaitan antara kegiatan yang dilakukan Lani
dengan kewajiban manusia sebagai warga yang baik?
11. Peserta
didik berdiskusi tentang bentuk kewajiban manusia terhadap
lingkungan.(Penilaian 4)
Guru berkeliling
memeriksa pekerjaan peserta didik sekaligus menilai sikap (Penilaian 5)
Setelah itu, guru dan
peserta didik akan mendiskusikan hasil kerja siswa.
|
|
Kegiatan
Penutup
|
Peserta didik
menuliskan refleksi dari kegiatan :
Tulislah apa saja
yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini!
Apa yang ingin kamu
ketahui lebih lanjut?
TUGAS:
Diskusikan dengan
orang tuamu salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan, kemudian
laporkan hasilnya kepada gurumu.
|
I.
Penilaian
1. Hasil
pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dinilai dengan daftar periksa IPA
No.
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa mampu
menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri daun.
|
||
2.
|
Siswa mampu
menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri bunga.
|
||
3.
|
Siswa mampu
menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri buah.
|
||
4.
|
Siswa mampu
menuliskan deskripsi tentang daun, bunga dan buah berdasarkan bentuk, warna,
ukuran, dan tekstur.
|
2. Diskusi
untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubrik diskusi
(Bahasa Indonesia)
Rubrik
Diskusi
|
|||
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Cukup
Bagus
|
Perlu
Berlatih Lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
(2)
|
Mendengarkan
teman yang
berbicara
namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
(1.5)ΓΌ
|
Masih perlu
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara.
(1)
|
Komunikasi non
verbal (kontak
mata,
bahasa tubuh,
postur,
ekspresi
wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbaldengan tepat.
(3)
|
Merespon
dengan
tepat terhadap
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan teman.
(2)ΓΌ
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
non verbal
yang
ditunjukkan teman.
(1)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide,
perasaan, pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan
memimpin
lainnya
saat diskusi.
(3)ΓΌ
|
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai
dengan topik.
(2)
|
Jarang
berbicara
selama proses
diksusi berlangsung.
(1)
|
Catatan : Centang (ΓΌ)
pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian :
3. Hubungan
manusia, hewan, dan tumbuhan dinilai dengan daftar periksa IPS
No.
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa mampu
menuliskan hubungan antara bunga dan lebah.
|
||
2.
|
Siswa mampu
menuliskan manfaat yang diperoleh oleh lebah.
|
||
3.
|
Siswa mampu
menuliskan manfaat yang diperoleh oleh bunga.
|
4. Kewajiban
sebagai warga terhadap tumbuhan dinilai dengan daftar periksa PPKn
No.
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa mampu
memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap hewan dengan benar.
|
||
2.
|
Siswa mampu
memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap tumbuhan dengan
benar.
|
5. Penilaian
sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)
Nama siswa : Hari
:
J. Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
Tumbuhan,
lembar pegamatan, alat tulis, dan buku siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar