Jumat, 06 Desember 2013

RPP Kurikulum 2013 Kelas IV SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD……………….                                              
Kelas/Semester            : IV/1                                              
Tema/Sub Tema          : Peduli Terhadap Mahluk Hidup/ 1
Pertemuan Ke             : 3

A.    Kompetensi Inti
KI 1                     : Menerima, mennjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
                               dianutnya.
KI 2                     : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
                               peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan  keluarga,
                              teman, guru, dan tetangganya.                                   
KI 3                     : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati  dan
                               menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk
                               ciptaan  Tuhan  dan  kegiatannya,  dan  benda – benda  yang
                               dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4                     : Menyajikan  pengetahuan  faktual  dalam  bahasa  yang  jelas,
                               sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan 
                               yang mencerminkan anak sehat,  dan  dalam   tindakan   yang
                              mencerminkan perilau anak beriman dan berakhlak mulia.   

B.     Kompetensi Dasar
r  IPA
Kompetesi Dasar:
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya.
3.2 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar ( morfologi ) tubuh hewan
      dan tumbuhan serta fungsinya.
r  Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
      energi panas, buyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
      Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang
      gaya, gerak, energy paas, buyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan
      tulis dengan memilih da memilah kosakata baku.
r  IPS
Kompetensi Dasar:
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial
      budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan ligkungan alam,
      sosial, budaya, dan ekonomi
r  PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari – hari
      di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan
      masyarakat.
C.    Indikator
r  IPA
·   Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya.
r  Bahasa Indonesia
·   Menggali informasi laporan hasil pegamatan.
r  IPS
·   Menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan.
r  PPKn
·      Memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan setelah berdiskusi.
D.    Tujuan Pembelajaran
·         Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya dengan benar.
·         Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan, siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan lebih mendalam.
·         Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan dengan benar.
·         Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak – banyaknya.
E.     Materi Ajar
a.       Tumbuhan
b.      Laporan Hasil Pengamatan
c.       Interaksi Manusia dalam Lingkungan Alam, Sosial, budaya, dan ekonomi
d.      Kewajiban Sebagai Warga Negara
F.     Alokasi Waktu
6 x 35 menit
G.    Pendekatan
Saintifik
H.    Kegiatan Pembelajaran


KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan
Pembuka
·   Guru memberikan salam dan mengajak peserta didik berdo’a sebelum belajar.
·   Guru mengecek kehadiran peserta didik.
·   Guru menyampaikan tema yang akan diajarkan. Temanya adalah “Peduli Terhadap Mahluk Hidup”.
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pertemuan tersebut.
·   Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”.
Guru memberikan pertanyaan penggiring kepada peserta didik:
-    Mahluk hidup apa yang terdapat pada lagu “Lihat Kebunku” yang telah kita nyanyikkan?
-    Pernahkah kalian melihat bunga?
-    Apakah bunga termasuk jenis  hewan atau tumbuhan?
-    Coba kalian sebutkan tumbuhan apa saja yang terdapat disekitar rumah kalian !
-    Selain bunga, sebutkan bagian – bagian tumbuhan lainnya!
·         Guru menceritakan sebuah cerita yang berjudul “Pangeran Bunga”.
·         Setelah bercerita, guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik :
-          Sebutkan amanat/pesan yang terkandung dalam cerita yang telah  ibu guru ceritakan tadi!
6 x 35 menit
Kegiatan
Inti
Jenis Pengelompokan :
Kelompok dan individu
1.Guru membagi peserta didik menjadi 3 kelompok secara heterogen.
2.Guru menjelaskan kepada peserta didik kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Kelompok 1 mengamati daun, kelompok 2 mengamati bunga, dan kelompok 3 mengamati buah. Setelah kalian melakukan pengamatan tulislah deskripsi bagian tumbuhan yang telah kalian amati. Seperti bagaimana bentuk, warna, ukuran, tekstur, dan fungsinya.
3.      Setelah melakukan pengamatan, salah satu perwakilan peserta didik dalam setiap kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain secara bergiliran. Diharapkan setiap anggota kelompok yang mendengarkan akan memberikan masukan atau komentar.(Penilaian 1)
4.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling mengajukan pertanyaan megenai hasil pengamatan yang telah mereka lakukan.(Penilaian 2)
5.      Peserta didik diberikan pertanyaan tambahan untuk menguatkan kembali tentang tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.
“Apalagi yang kalian ingin ketahui megenai tumbuhan?
6.      Peserta didik mengerjakan tugas yang ada di buku siswa.
Secara berkelompok, peserta didik membaca teks yang terdapat pada buku siswa. Kemudian peserta didik membuat daftar kata – kata baru yang belum mereka pahami artinya. Kemudian mereka mendiskusikan kata – kata tersebut dalam kelompok dan menduga artinya. Setelah beberapa menit, peserta didik menuliskan kata – kata tersebut beserta artinya di papan tulis. Setelah itu, guru akan mendiskusikan hasilnya dengan peserta didik.
7.      Peserta didik mengamati dua gambar yang terdapat pada buku siswa.
8.      Setelah  melakukan pengamatan, peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. , pertanyaannya antara lain :
·         Apa hubungan yang terjadi antara lebah  dan bunga?
·         Apa manfaat yang diperoleh lebah? Jelaskan!
·         Apa manfaat yang diperoleh bunga? Jelaskan!
·         Apa hubungan yang terjadi antara Lani dengan bunga?
·         Apa manfaat yang diperoleh bunga?
·         Apa manfaat yang diperoleh Lani?
9.      Setelah peserta didik menjawab pertanyaan secara individu, mereka kemudian saling bertukar buku searah jarum jam dalam kelompok. Masing – masing peserta didik bisa menambahkan atau memberi saran tentang jawaban yang terdapat pada buku temannya.
10.  Peserta didik diberikan pertanyaan – pertanyaan lain :
-          Jelaskan mengapa hubungan antara manusia, tumbuhan, dan hewan penting?
-          Apa kaitan antara kegiatan yang dilakukan Lani dengan kewajiban manusia sebagai warga yang baik?

11.  Peserta didik berdiskusi tentang bentuk kewajiban manusia terhadap lingkungan.(Penilaian 4)
Guru berkeliling memeriksa pekerjaan peserta didik sekaligus menilai sikap (Penilaian 5)
Setelah itu, guru dan peserta didik akan mendiskusikan hasil kerja siswa.

Kegiatan
Penutup
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan :
Tulislah apa saja yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini!
Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
TUGAS:
Diskusikan dengan orang tuamu salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan, kemudian laporkan hasilnya kepada gurumu.


I.       Penilaian
1.      Hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dinilai dengan daftar periksa IPA
No.
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri daun.


2.
Siswa mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri bunga.


3.
Siswa mampu menggambarkan dan menuliskan sedikitnya 3 ciri-ciri buah.


4.
Siswa mampu menuliskan deskripsi tentang daun, bunga dan buah berdasarkan bentuk, warna, ukuran, dan tekstur.



2.      Diskusi untuk menggali informasi laporan hasil pengamatan dinilai dengan rubrik diskusi (Bahasa Indonesia)

Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup Bagus
Perlu Berlatih Lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.


(2)
Mendengarkan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan.

(1.5)ΓΌ
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(1)
Komunikasi non
verbal (kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi non
verbaldengan tepat.
(3)
Merespon dengan
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan teman.
(2)ΓΌ
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan teman.
(1)
Partisipasi
(menyampaikan ide,
perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi.
(3)ΓΌ
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.
(2)
Jarang berbicara
selama proses
diksusi berlangsung.
(1)

            Catatan : Centang (ΓΌ) pada bagian yang memenuhi kriteria.
            Penilaian :
                              
3.      Hubungan manusia, hewan, dan tumbuhan dinilai dengan daftar periksa IPS
No.
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu menuliskan hubungan antara bunga dan lebah.


2.
Siswa mampu menuliskan manfaat yang diperoleh oleh lebah.


3.
Siswa mampu menuliskan manfaat yang diperoleh oleh bunga.



4.      Kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dinilai dengan daftar periksa PPKn


No.
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap hewan dengan benar.


2.
Siswa mampu memberikan sedikitnya 2 contoh kewajiban mereka terhadap tumbuhan dengan benar.



5.      Penilaian sikap (rasa ingin tahu, kerjasama, tekun, teliti)

Nama siswa :                                                         Hari :
 








J.      Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
            Tumbuhan, lembar pegamatan, alat tulis, dan buku siswa.








                         





Tidak ada komentar: