Minggu, 08 Desember 2013

Perkembangbiakan Tumbuhan

   Perkembangbiakan Tumbuhan
1.  Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan
    Bunga merupakan bagian yang berperan dalam perkembangbiakan generatif tumbuhan. Manakah bagian bunga yang berperan sebagai alat perkembangbiakan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikanlah gambar dan penjelasan tentang bunga dan bagian-bagiannya.
a.     Bagian-bagian bunga
     Benang sari dan putik merupakan bagian yang berperan dalam proses perkembangbiakan tumbuhan. Benang sari merupakan organ reproduksi jantan pada tumbuhan. Pada begian kepala benang sari terdapat kantong sari yang berisi serbuk sari. Serbuk sari inilah yang menghasilkan sel kelamin jantan pada tumbuhan.
     Putik merupakan organ reproduksi betina pada tumbuhan. Pada putik terdapat bagian yang akan menjadi buah dan biji. Bakal buah terdiri dari satu atau beberapa bakal biji. Di dalam bakal biji inilah terdapat sel kelamin betina.
     Benang sari dan putik dapat berada di dalam satu bunga yang sama. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga sempurna. Akan tetapi, ada bunga yang hanya mempunyai putik saja atau hanya mempunyai benang sari saja. Bunga yang memiliki putik-saja disebut bunga betina.Bunga yang memiliki benang sari saja disebut bunga jantan. Bunga betina dan bunga jantan merupakan bunga tidak sempurna. Pinus, jagung, dan sukun merupakan contoh tumbuhan yang memiliki bunga betina dan bunga jantan.

b.     Penyerbukan dan Pembuahan
     Perkembangbiakan generatif tumbuhan melibatkan 2 proses, yaitu penyerbukan dan pembuahan. Kedua proses tersebut terjadi di dalam bunga. Penyerbukan terjadi saat serbuk sari menempel di kepala putik. Pembuahan terjadi saat sel sperma (sel kelamin jantan) membuahi sel telur (sel kelamin betina). Hasil pembuahan sel sperma dan sel telur disebut zigot. Zigot ini akan bertumbuh dan berkembang menjadi sebuah tumbuhan baru.
     Proses penyerbukan terjadi sebelum proses pembuahan. Peristiwa penyerbukan ini dibantu oleh perantara, seperti air, angin, hewan, atau manusia.
Berdasarkan asal serbuk sarinya. Penyerbukan dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
1)   Penyerbukan sendiri, terjadi jika serbuk sari dan putik berasal dari 1 bunga.
2)   Penyerbukan serumah, terjadi jika serbuk sari dan putik berasal dari bunga lain yang berada pada 1 tumbuhan.
3)   Penyerbukan silang, terjadi jika serbuk sari dan putik berasal dari bunga lain dan tumbuhan lain yang sejenis.

     Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Berdasarkan asal serbuk sarinya, penyerbukan dibagi menjadi 3,yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan serumah, dan penyerbukan silang.
     Pembuahan terjadi setelah penyerbukan. Setelah menempel di kepala putik, serbuk sari akan membentuk saluran yang disebut buluh serbuk sari. Serbuk sari juga menghasilkan 2 sel sperma. Kedua sel sperma ini menuju ke bakal biji. Satu sel sperma membuahi sel telur membentuk zigot. Sel sperma satu lagi membuahi dua inti bakal biji membentuk endosperma. Endosperma berfungsi sebagai penyimpanan makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan zigot.
     Setelah pembuahan terjadi, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi buah. Sementara itu, zigot juga membelah menjadi banyak sel yang nantinya akan berkembang membentuk tumbuhan baru.
     Pembuahan adalah peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur. Pembuahan terjadi setelah penyerbukan.

c.      Perkembangan biji
    
     Biji menyimpan makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan zigot. Daging buah melindungi biji di dalamnya. Ambillah buah apel kemudian belahlah di bagian tengah anda akan menemukan biji yang terbungkus suatu lapisan yang keras. Jika ditanam, biji itu akan tumbuh menjadi kecambah. Dalam waktu kira-kira 5 tahun, biji tersebut akan tumbuh menjadi sebuah pohon apel.

     Perkembangan biji untuk menjadi sebuah tumbuhan dewasa, membutuhkan waktu yang lama. Lama waktu yang dibutuhkan berbeda-beda untuk jenis tumbuhan yang berbeda. Ada yang membutuhkan 3 tahun, 5 tahun, atau lebih dari 5 tahun. Suatu tumbuhan baru dapat menghasilkan buah jika tumbuhan itu telah dewasa.

2.  Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan

     Melalui penjelasan diatas anda mengetahui bahwa kita dapat memperbanyak tumbuhan dengan cara menanam bijinya. Biji itu terbentuk setelah tumbuhan mengalami proses penyerbukan dan pembuahan.
     Tumbuhan singkong dapat tumbuh dari batang yang ditanam. Bawang merah dan bawang putih umbi lapisnya yang ditanam perkembang biakan singkong bawang merah dan bawang putih merupakan cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif. Perkembangbiakan vegetatif hanya membutuhkan 1 tumbuhan hidup. Perkembangbiakan vegetatif tidak melibatkan pertemuan sel sperma (sel kelamin jantan) dan sel telur (sel kelamin betina).
     Perkembangbiakan vegetatif tumbuhan ada yang terjadi dengan sendirinya (alami) dan ada yang terjadi dengan peranan manusia (buatan).
     Macam-macam cara perkembangbiakan vegetatif alami yaitu spora,umbi batang, umbi akar, umbi lapis, rizoma, geragih, tunas, dan tunas adventif. Contoh  cara perkembang biakan vegetatif buatan yaitu mencangkok, setek, dan merunduk.


a.     Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami
\
1.    Spora
              Tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora contohnya lumut dan paku. Spora yang sangat kecil itu disimpan pada kotak spora atau Sporangium. Sporangium pada tumbuhan paku terletak di bawah daun
     Penyebaran spora dapat di bantu oleh angin atau air karena ukuran spora sangat kecil dan halus. Spora dapat berkecambah dan tumbuh menjadi individu baru.



2.    Umbi batang, Umbi Akar dan Umbi lapis

     Umbi merupakan bagian tumbuhan yang menggembung karena menyimpan makanan. Umbi juga dapat berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Beberapa tumbuhan dapat diperbanyak dengan menanam umbinya
     Umbi nbatang adalah batang yang tumbuh dalam tanah dan menyimpan makanan.
Umbi batang terdapat pada kentang dan ubi Jalar. Ubi jalar jika ditanam di tanah akan tumbuh tunas. Tunas itu akan tumbuh menjadi tumbuhan kentang atau ubi jalar baru
     Umbi akar adalah akar yang menggembung dalam tanah. Umbi akar terdapat pada tumbuhan singkong, bengkoang, dahlia dan wortel. Tidak semua umbi akar dapat dipergunakan sebagai alat perkembangbiakan. Wortel dan dahlia dapat diperbanyak dengan menanam umbinya, namun singkong dan bengkuang, umbi akarnya tidak dapat dipergunakan sebagai alat perkembangbiakan.
     Umbi lapis merupakan batang yang berbentuk cakram yang ditutup oleh lapisan-lapisan daun. Lapisan daun itu tumbuh sangat rapat dan menyimpan cadangan makanan. Lapisan daun yang terluar  mengering dan membentuk sisik. Di antara lapisan daun itu akan terbentuk tunas-tunas yang kemudian tumbuh menjadi umbi bawang yang baru. Umbi lapis adalah cara perkembangbiakan vegetatif yang ditemukan pada tumbuhan bawang merah, bawang putih, bakung, dan tulip.

3.    Rizoma dan Geragih.
             

Biasanya Anda melihat batang tumbuhan tumbuh vertikal ke atas . Akan tetapi ada pula batang yang tumbuh mendatar di tanah contuhnya rizoma dan geragih. Rizoma adalah batang yang tumbuh mendatar di bawah permukaan tanah. Geragih adalah batang yang tumbuh di atas permukaan tanah. Rizoma tampak berbuku-buku dan mempunyai tumbuh. Tunas itu tumbuh tegak ke atas tanah. Tunas itu kemudian dapat tumbuh terpisah dari tumbuhan induk menjadi tumbuhan baru.Selain sebagai alat perkembangbiakan,rizom juga dapat tumbuh membesar dan menyimpan cadangan makanan.Tumbuhan yang berkembang biak dengan rizom misalnya jahe,lengkuas,kunyit,kencur, dan alang-alang.
                Perhatikan tumbuhan stroberi atau rumput teki.Stroberi dan rumput teki berkembang biak dengan geragih.
                 Di bagian buku-buku batang,tunas dapat tumbuh dan membentuk tumbuhan baru.Jika akarnya telah terbentuk,tumbuhan itu dapat tumbuh terpisah dari induknya.Selain stroberi dan rumput teki,geragih juga dapat ditemukan pada rumput gajah dan paku-pakuan.

4.Tunas
                Pohon pisang dapat tumbuh di berbagai tempat,misalnya kebun,di tepi sungai,di daerah persawahan, dan tempat lainnya.Pisang berkembang biak dengan tunas ketiak yang tumbuh dari batang pisang yang berada didalam tanah.Tunas itu kemudian tumbuh keatas permukaan tanah dekat tumbuhan induk.Tunas pisang itu mempunyai bagian-bagian tubuh yang sama dengan induknya sehingga mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.Tebu,pohon pinang,dan bambu juga berkembang biak dengan cara bertunas.

5.Tunas Adventif
               Tunas biasanya tumbuh dibagian batang.Akan tetapi,tunas pada beberapa tumbuhan tumbuh dibagian lain , seperti akar atau di daun tunas yang demikian disebut Tunas Adventif atau tunas liar.Jika dipisahkan dari induknya,tunas adventif ini dapat hidup dan membentuk bagian-bagian tubuh(akar,batang,daun) yang sama dengan induknya.
                Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara tunas adventif adalah cocor bebek dan cemara.Cocor bebek dapat berkembang biak dengan tunas adventif di daun sedangkan cemara dapat berkembang biak dengan tunas adventif di akar.
                Macam-macam cara perkembangbiakan vegetatif alami,yaitu spora,umbi batang,umbi akar,umbi lapis,rizom, geragih, dan tunas adventif.

B.Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Buatan
1.Mencangkok
     Memperbanyak tumbuhan dengan cara mencangkok telah sangat dikenal.Biasanya, tumbuhan yang dicangkok adalah tumbuhan buah-buahan seperti jambu,jeruk,apel dan lain-lain.
     Tanaman hasil cangkok berasal dari cabang(dahan) yang dibuat berakar supaya dapat ditanam.Cabang dibuat berakar dengan cara memberi tanah yang subur disekitarnya.Manusia mencangkok tanaman dengan tujuan untuk mendapatkan hasil tanaman yang bersifat sama dengan induk dalam waktu yang singkat.
2.Setek
     Tanaman hasil setek berasal dari bagian tanaman yang dipotong, yang kemudian ditanam didalam tanah.Bagian-bagian tumbuhan yang dapat disetek adalah daun,tangkai daun,ranting,batang akar,dan pucuk.Setek batang dilakukan dengan memotong batang tanaman.Batang yang dipotong kemudian akan menumbuhkan akarnya dan membentuk bagian-bagian lainnya.Biasanya,tanaman yang dikembangbiakan dengan cara disetek batang adalah tanaman bunga seperti mawar atau melati.Tanaman singkong juga dapat dikembangbiakan denga cara setek.Banyak orang yang menyetek batang singkong agar dapat memperoleh umbi dan daun singkong dalam waktu yang relatif singkat.
     Tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan setek daun misalnya cocor bebek.Cara menanam tanaman cocor bebek dengan setek daun adalah dengan memetik daunnya,lalu menyemai daun diatas tanah .Setelah beberapa hari,tunas calon tanaman baru akan tumbuh pada permukaan daun.

3.Merunduk

     Merunduk adalah membengkokkan bagian batang ke tanah, lalu menimbunnya dengan tanah.Di bagian batang yang baru dibengkkokkan itu akan muncul akar yang baru.Jika hubungan dengan tanaman induk dipotong, batang tersebut akan tumbuh menjadi tanaman baru yang dapat hidup dan menghasilkan buah atau bunga yang sifatnya sama dengan induknya. Tanaman yang dapat dikembangbiakkan dengan cara merunduk misalnya melati.

Tidak ada komentar: