Sabtu, 07 Desember 2013

Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia

A.  Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia
   
     Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Manusia mengalami proses perkembangan yang meliputi masa balita, masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa dan kemudian masa tua atau lanjut usia.

     Pada masa balita, pertumbuhan tubuh dan otak terjadi sangat pesat. Pertumbuhan otak akan optimal jika mendapat rangsang yang tepat dan gizi yang cukup. Tubuh balita rentan terhadap serangan penyakit. Oleh karena itu, balita diberikan suntika imunisasi untuk membentuk kekebalan tubuhnya.

     Lanjutan dari masa balita ialah masa kanak-kanak dengan rentang usia 5 sampai 11 tahun. Pada masa ini, pertumbuhan juga berlangsung cepat.Usia 12-17 tahun merupakan masa remaja. Pada masa remaja, manusia mengalami pubertas. Anak lelaki dan anak perempuan tumbuh dengan perbedaan tubuh yang tampak mencolok. Setelah masa remaja,manusia menginjak masa dewasa yang dimulai sejak 18 tahun. Biasanya, manusia tidak mengalami pertambahan tinggi setelah usia 22 tahun. Manusia dewasa telah matang secara biologis dan psikologis untuk berkembang biak.
    
     Manusia lanjut usia (lansia) atau masa tua mulai sejak 40 tahun. Pada masa lansia, fungsi organ-organ tubuh mulai mengalami penurunan. Akan tetapi, pada usia ini juga dianjurkan tetap melakukan olahraga dan menjaga keseimbangan zat gizi agar terlalu sehat.

B. Perubahan Tubuh Manusia pada Masa Pubertas
    Masa pubertas atau masa akhil balig merupakan awal kedewasaan seseorang secara biologis. Masa pubertas ditunjukkan dengan mulai terjadinya perubahan pada tubuh anak laki-laki dan perempuan. Ketika memasuki masa pubertas, tubuh anak laki-laki mulai berkembang menjadi tubuh laki-laki dewasa. Tubuh anak perempuan juga berkembang menjadi tubuh perempuan dewasa. Perubahan ini tidak terjadi sekaligus, tetapi terjadi selama beberapa tahun.
    
     Ciri-ciri yang dialami oleh anak laki-laki dan anak perempuan pada masa pubertas yaitu:
1.    Tubuh semakin besar dan tinggi.
2.    Tumbuh rambut di bagian ketiak. Pertumbuhan rambut di kaki juga dialami oleh beberapa anak laki-laki dan beberapa anak perempuan
3.    Tubuh menghasilkan lebih banyak keringat.
4.    Mulai tumbuh jerawat di bagian wajah. Jerawat juga dapat timbul di kulit bagian dada dan punggung.
     
 Tabel 1. Pertumbuhan fisik pada masa pubertas.
Perubahan Fisik Anak Laki-laki
1.  Jakun membesar dan suara bertambah berat
2.  Tumbuh rambut di atas bibir dan sekitar organ reproduksi (organ kelamin)
3.  Dada bertambah bidang
4.  Sel sperma mulai diproduksi.
Perubahan Fisik Anak Perempuan
1.    Pinggul tumbuh lebih lebar dan payudara membesar
2.    Tumbuh rambut di atas bibir dan sekitar organ reproduksi
3.    Sel telur mulai dikeluarkan setiap 28 hari.





          












Ketika anak seorang laki-laki mengalami pubertas, testisnya mulai memproduksi jutaan sel sperma. Jika kantong testis ini penuh, biasanya dikeluarkan melalui peristiwa mimpi basah. Anak laki-laki mulai mengalami mimpi basah antara lain usia 10 sampai 15 tahun. Sedangkan, anak perempuan yang mengalami pubertas, bagian ovariumnya mulai mengeluarkan sel telur setiap 28 hari. Siklus ini disebut menstruasi. Ketika mengalami menstruasi, sel telur dikeluarkan disertai darah yang berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim. Sel telur, lapisan dinding rahim dan darah tersebut dikeluarkan melalui vagina. Usia anak perempuan mulai mengalami menstruasi pertama (menarche) bervariasi, yaitu antara 9 sampai 15 tahun dan menstruasi terakhir disebut menopause yaitu antara 45 sampai 50 tahun/.



C.Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi

        Seperti bagian tubuh lainnya,organ reproduksi juga harus dirawat kebersihannya.Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia,menyebabkan tubuh kita lebih mudah untuk berkeringat.Daerah lipatan seperti ketiak dan pangkal paha jika berkeringat akan menjadi lembap.Organ reproduksi berada di daerah lipatan dan tertutup sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam merawat kebersihannya.

          Hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan di sekitar organ reproduksi antara lain:
1.Biasakanlah mandi dua kali sehari
2. Cucilah tangan setiap sebelum dan sesudah buang air kecil dan buang air besar
3. Cucilah bagian luar organ reproduksi dengan sabun dan air bersih.
4. Gantilah pakaian dalam minimal dua kali sehari.Perhatikan juga bahan pakaian     dalam yang digunakan.Gunakanlah bahan yang menyerap keringat seperti katun.
5.Hindari bertukar pakaian dalam dan handuk dengan orang lain.
          Anak perempuan yang mengalami menstruasi,sebaiknya membiasakan diri untuk mengganti pembalut dengan teratur 3 hingga 4 kali.Pembalut yang jarang diganti menyebabkan daerah organ kelamin menjadi tempat bakteri berkembang biak.Gunakan pula pembalut yang berbahan lembut dan dapat menyerap cairan dengan baik.Gunakan pembalut yang    tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi.
          Khusus untuk anak laki-laki,perhatikan dengan baik saat membersihkan organ reproduksi.Setiap selesai mencuci bagian luar organ reproduksi,keringkanlah dengan baik.Jika belum disunat, bagian luar organ reproduksi harus dibersihkan lebih teliti supaya tidak ada jamur dan bakteri yang berkembang biak.

D.Perkembangan Manusia
        Pembuahan menjadi awal proses perkembangbiakan manusia.Pembuahan adalah peleburan antara inti sel telur dengan inti sel sperma.Proses ini terjadi di saluran telur.Penyatuan ini membentuk zigot yang mengandung separuh sifat ayah dan separuh sifat ibu.
          Di dalam rahim seorang ibu,zigot tumbuh menjadi embrio.Ibu yang di rahimnya mengandung embrio,dikatakan sedang hamil atau mengandung.Embrio dilindungi oleh amnion,yaitu kantong berisi cairan tempat embrio mengapung.Dengan begitu embri terlindungi dari goncangan.Di dalam rahim tersebut embrio terus mengalami perkembangan hingga menjadi janin atau calon bayi.Organ-organ tubuhnya kian melengkap dan sempurna dari hari ke hari.
          Kebutuhan janin akan zat makanan dan udara dapat terpenuhi dengan adanya plasenta atau ari-ari.Melalui plasenta,terjadi pertukaran zat antara ibu dan janin yang ada di dalam rahim.Janin mendapat sari makanan dan oksigen dari darah ibu.Janin juga memberi zat sisa metabolisme ke dalam darah ibu untuk di buang.

          Masa kehamilan berlangsung selama 38 minggu atau 9 bulan 10 hari.Masa ini dihitung sejak terjadi pembuahan sampai saat kelahiran.

Tidak ada komentar: