Rabu, 30 Oktober 2013

Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)


  Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)

Penerapan model ini dengan cara mengelompokkan siswa heterogen, tugas tiap kelompok bisa sama bisa aberbeda. SDetelah memperoleh tugas, setiap kelompok bekerja sama dalam bentuk kerja individual dan diskusi. Usahakan dinamikia kelompok kohesif dan kompak serta tumbuh rasa kompetisi antar kelompok, suasana diskuisi nyaman dan menyenangkan sepeti dalam kondisi permainan (games) yaitu dengan cara guru bersikap terbuka, ramah , lembut, dan santun. Setelah selesai kerja kelompok  sajikan hasil kelompok sehingga terjadi diskusi kelas. 

Langkah-langkah:
a.       Buat kelompok siswa heterogen 4 orang kemudian berikan informasi pokok materi dan mekanisme kegiatan.
b.      Siapkan meja turnamen secukupnya dan untuk tiap meja diberi siswa yang berkemampuan setara. Meja I diisi oleh siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok dan seterusnya hingga meja terakhir ditempati oleh anggota yang levelnya paling rendah.
c.       Selanjutnya adalah pelaksanaan turnamen. Setiap siswa mengambil 1 kartu yang telah disiapkan di atas meja dan mengerjakannya dalam jangka waktu tertentu, siswa bias mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai, sehingga diperoleh skor untuk individu dan kelompok.
d.      Siswa pada tiap meja turnamen sesuai skor diberi gelar superior, very good, good dan medium.
e.       Bumping, pada turnamen kedua dan seterusnya dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi. Siswa superior bergabung pada meja yang sama begitupun dengan sebutan lainnya.
f.       Setelah selesai hitunglah skor untuk tiap kelompok asal dan individual kemudian berikan penghargaan.

g.       Kesimpulan.

Tidak ada komentar: