Kelebihan
Model pengelolaan PKR
1 1.
MODEL
221 ( PKR INTI )
a. Guru atau tim mengelola para siswa dari 2 tingkatan
kelas yang berbeda, dengan fokus 2 mata pelajaran baik yang sama atau berbeda
dalam 1 ruangan.
b. Model
ini bisa efektif apabila jumlah siswa yang terdiri dari 2 tingkatan kelas
tersebut tidak terlalu banyak (maksimum 25 siswa untuk masing-masing tingkatan
kelas) dengan suatu ruangan yang cukup luas.
c. Dengan pembelajaran terpadu model terjala atau tema, guru
bisa mengembangkan 2 mata pelajaran dengan topik yang sama atau berkaitan
melalui sebuah tema yang menarik
2. MODEL
222 ( PKR MODIFIKASI )
a. Pengelolaan
model 222 pembelajaran kelas rangkap dilakukan oleh tim guru sehingga bisa
saling membantu.
b. Guru atau dalam tim mengelola para
siswa dari 2 tingkatan kelas yang berbeda, dengan fokus pada 2 mata pelajaran
yang berbeda atau sama pada 2 ruangan kelas yang bersebelahan dan dihubungkan
dengan adanya pintu.
c. Guru
mengelola dua kelas sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
3. MODEL
333 ( PKR MODIFIKASI )
a. Dalam model 333 guru
mengelola tiga tingkatan kelas yang berbeda dengan tiga mata pelajaran yang
sama atau berbeda dalam tiga ruangan secara bersamaan.
b. Para siswa terkondisi untuk belajar secara indenpenden,
karena para gurunya mendidik mereka untuk mengembangkan sikap
independen dan efisien dalam belajar.
c. Berkembangnya perasaan bangga dalam diri para siswa
karena mereka merasa lebih puas sekalipun sedikit mengalami friksi dalam
kegiatan belajarnya di bandingkan para siswa sekelas yang hanya terdiri satu
tingkatan.
d. Peserta didik mengembangkan sikap positif tentang saling
membantu sama yang lain.
e. Para
siswa yang belajar dalam kelas rangkap akan lebih berkembang dengan perpaduan
antara strategi pembelajaran kelas rangkap, pembelajaran kooperatif, kelompok
yang beragam, tugas-tugas yang menunjang perkembangan, pendekatan tutor
multiusia, waktu yang luwes dan evaluasi yang positif
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar