MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG 
- Model
     Pembelajaran Langsung sangat baik digunakan apabila tujuan pembelajaran yang
     ingin dicapai  berkenaan dengan pengetahuan procedural dan
     pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari
     selangkah demi selangkah.
 - tetapi
     harus menjamin terjadinya keterlibatan siswa. Jadi lingkungannya harus
     diciptakan yang berorientasi Pengajaran langsung memerlukan perencanaan
     dan pelaksanaan yang pada tugas-tugas yang diberikan pada siswa.
 - Ciri-ciri Model Pembelajaran Langsung : 
 - Adanya
      tujuan pembelajaran cukup rinci terutama pada analisis tugas. Pengajaran
      langsung berpusat pada guru, dan prosedur penilaian hasil belajar.
 - Sintaks
      atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran.
 - Sistem
      pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung berlangsung dan
      berhasilnya pengajaran.
 - Fase-Fase
     Pembelajaran Langsung :
 
Fase 
 | 
  
Uraian 
 | 
  
Peran Guru 
 | 
 
1 
 | 
  
Menyampaikan
  Tujuan Pembelajaran dan mempersiapkan siswa 
 | 
  
Menjelaskan
  Tujuan, Materi Prasyarat, memotivasi siswa, dan mempersiapkan siswa 
 | 
 
2 
 | 
  
Mendemonstrasikan
  Pengetahuan dan Keterampilan 
 | 
  
Mendemonstrasikan
  keterampilan atau menyajikan informasi tahap demi tahap 
 | 
 
3 
 | 
  
Membimbing
  Pelatihan 
 | 
  
Guru
  memberi latihan terbimbing 
 | 
 
4 
 | 
  
Mengecek
  pemahaman dan memberikan umpan balik 
 | 
  
Mengecek
  kemampuan siswa dan memberikan umpan balik 
 | 
 
5 
 | 
  
Memberikan
  latihan dan penerapan konsep 
 | 
  
Mempersiapkan
  latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan
  sehari-hari. 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar