MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG
- Model
Pembelajaran Langsung sangat baik digunakan apabila tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai berkenaan dengan pengetahuan procedural dan
pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari
selangkah demi selangkah.
- tetapi
harus menjamin terjadinya keterlibatan siswa. Jadi lingkungannya harus
diciptakan yang berorientasi Pengajaran langsung memerlukan perencanaan
dan pelaksanaan yang pada tugas-tugas yang diberikan pada siswa.
- Ciri-ciri Model Pembelajaran Langsung :
- Adanya
tujuan pembelajaran cukup rinci terutama pada analisis tugas. Pengajaran
langsung berpusat pada guru, dan prosedur penilaian hasil belajar.
- Sintaks
atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran.
- Sistem
pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung berlangsung dan
berhasilnya pengajaran.
- Fase-Fase
Pembelajaran Langsung :
Fase
|
Uraian
|
Peran Guru
|
1
|
Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran dan mempersiapkan siswa
|
Menjelaskan
Tujuan, Materi Prasyarat, memotivasi siswa, dan mempersiapkan siswa
|
2
|
Mendemonstrasikan
Pengetahuan dan Keterampilan
|
Mendemonstrasikan
keterampilan atau menyajikan informasi tahap demi tahap
|
3
|
Membimbing
Pelatihan
|
Guru
memberi latihan terbimbing
|
4
|
Mengecek
pemahaman dan memberikan umpan balik
|
Mengecek
kemampuan siswa dan memberikan umpan balik
|
5
|
Memberikan
latihan dan penerapan konsep
|
Mempersiapkan
latihan untuk siswa dengan menerapkan konsep yang dipelajari pada kehidupan
sehari-hari.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar