RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SD……….
KELAS
/SEMESTER : I/II
TEMA : Budi Pekerti
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Ø IPS
Mendeskripsikan lingkungan rumah.
Ø Pkn
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
II.
KOMPOTENSI
DASAR
Ø IPS
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku
dalam menjaga kebersihan rumah.
Ø Pkn
Mengikuti tata tertib di rumah dan
di sekolah.
III.
INDIKATOR
Ø IPS
A. Kognitif
1) Proses
-
Mendeskripsikan ciri-ciri rumah sehat
dan rumah tidak sehat.
-
Menyebutkan fungsi ruangan yang ada di
dalam rumah.
-
Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan
rumah.
2) Produk
-
Menjelaskan ciri-ciri rumah sehat dan
rumah tidak sehat.
-
Menuliskan jenis-jenis peralatan yang
dipakai untuk menjaga kebersihan rumah.
B. Afektif
1)
Karakter
:
Percaya diri dan disiplin dalam
melaksanakan tugasnya.
2)
Sosial
:
Aktif dalam melaksanakan tugas
kelompok.
C.
Psikomotor
Menunjukkan dengan benar dan tepat ciri-ciri
rumah sehat dan rumah tidak sehat.
Ø Pkn
A.
Kognitif
1)
Proses
-
Menjelaskan
pentingnya mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
-
Memberi
contoh cara mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
2)
Produk
-
Menuliskan
pentingnya mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
-
Menuliskan
akibat bila tidak mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
B.
Afektif
1)
Karakter
:
Percaya diri dan disiplin dalam
melaksanakan tugasnya.
2)
Sosial
:
Aktif dalam melaksanakan tugas
kelompok.
C.
Psikomotor
Menunjukkan contoh cara mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Ø IPS
A. Kognitif
1) Proses
-
Berdasarkan penjelasan yang diberikan
guru , murid dapat menjelaskan ciri-ciri rumah sehat dan rumah tidak sehat.
-
Berdasarkan penjelasan yang diberikan
guru , murid dapat menyebutkan fungsi ruangan yang ada di dalam rumah.
-
Berdasarkan penjelasan yang diberikan
guru , murid dapat menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
2) Produk
-
Setelah proses pembelajaran , murid
dapat menjelaskan ciri-ciri rumah sehat dan rumah tidak sehat.
-
Setelah proses pembelajaran , murid
dapat menuliskan jenis-jenis peralatan yang dipakai untuk menjaga kebersihan
rumah.
B. Afektif
1)
Karakter :
Selam proses pembelajaran murid dapat percaya diri dan
disiplin dalam melaksanakan tugasnya.
2)
Sosial :
Selama proses pembelajaran murid
dapat aktif dalam melaksanakan tugas kelompok.
C.
Psikomotor
Selama proses pembelajaran murid
dapat menunjukkan dengan benar dan tepat ciri-ciri rumah sehat dan rumah tidak
sehat.
Ø Pkn
A.
Kognitif
1)
Proses
-
Selama
proses pembelajaran murid dapat menjelaskan pentingnya mengikuti tata tertib di
rumah dan di sekolah.
-
Selama
proses pembelajaran murid dapat memberi contoh cara mengikuti tata tertib di
rumah dan di sekolah.
2)
Produk
-
Setelah
proses pembelajaran murid dapat menuliskan pentingnya mengikuti tata tertib di
rumah dan di sekolah.
-
Setelah
proses pembelajaran murid dapat menuliskan akibat bila tidak mengikuti tata
tertib di rumah dan di sekolah.
B.
Afektif
1) Karakter :
Selama proses pembelajaran murid
dapat percaya diri dan disiplin dalam melaksanakan tugasnya.
2) Sosial :
Selama proses pembelajaran murid
dapat aktif dalam melaksanakan tugas kelompok.
C.
Psikomotor
Setelah proses pembelajaran murid
dapat menunjukkan contoh cara mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
Ø IPS
Menjaga Kebersihan
Rumah
Ø Pkn
Melaksanakan Kewajiban
di Rumah dan di Sekolah
VI.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
A. Model
pembelajaran : Explicit Instruction
( Pembelajaran Langsung )
B. Metode
Pembelajaran : - Ceramah
-
Tanya jawab
-
Penugasan
VII.
LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (5 menit)
· Memberi
salam dan berdoa
· Absensi
· Mengecek
persiapan (memotivasi) siswa
· Memperkenalkan
materi
B. Kegiatan Inti (60 menit)
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
· Guru
menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan media
· Tanya
jawab antar guru dan siswa mengenai materi yang belum dipahami
· Guru
memberikan penguatan
· Guru
membagikan LKS kepada tiap siswa untuk dikerjakan.
· Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan LKS
· Guru mengumpulkan hasil kerja siswa.
C. KegiatanAkhir (5 menit)
- Guru
menyimpulkan materi pembelajaran
- Guru
memberi pesan-pesan moral
VIII. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
A. Media : Gambar
rumah sehat dan rumah tidak sehat
B. Sumber
Pembelajaran : Buku Ilmu
Pengetahuan Sosial,Untuk Kelas 1 SD/MI
Penerbit Pusat Perbukuan
IX.
PENILAIAN
1. Prosedur
Tes tertulis
2. Bentuk
Pilihan Ganda
3. Instrument
Berilah tanda silang (X) pada huruf a , b , atau c
pada salah satu jawaban yang paling tepat !
1.
Rumah
adalah tempat tinggal…….
a.tumbuhan
b.hewan
c.manusia
2. Ciri rumah sehat adalah…….
a.banyak sampah
b.banyak tikus
c. memiliki jendela dan saluran udara
3. Ciri rumah tidak sehat adalah…….
a.udaranya segar
b.banyak sampah dan saluran air tidak
bersih
c.memiliki jendela
4. Manfaat menjaga kebersihan rumah adalah…….
a.agar rumah menjadi sumber penyakit
b.agar rumah menjadi kotor
c.agar rumah menjadi bersih dan indah
5. Alat yang digunakan untuk membersihkan lantai adalah…….
a.sapu
b.kemucing
c.skop sampah
6.Membersihkan rumah adalah tugas dari…….
a.orang tua
b.anak-anak
c.semua penghuni rumah
7. Ruang atau kamar dibatasi
oleh…….
a.batu
b.bambu
c.dinding
8. Fungsi ruang keluarga yang
utama adalah…….
a.kumpul keluarga
b.tidur
c.mandi
9. Tempat buang air besar adalah fungsi dari…….
a.dapur
b.gudang
c.toilet
10.Kegiatan belajar sebaiknya dilakukan di…….
a.ruang tamu
b.ruang belajar
c.ruang keluarga
Kunci Jawaban:
1.
C 6. C
2.
C 7. C
3.
B 8. A
4.
C 9. C
5.
A 10. B
Rubrik
penilaian
a.
Aspek
Kognitif
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Apabila jawaban peserta didik benar
|
1
|
2
|
Apabila jawaban peserta didik salah
|
0
|
b.
Aspek
Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
||
Percaya
Diri
(1-4)
|
Kedisiplinan
(1-4)
|
Keaktifan
(1-4)
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penskoran
Ø
Bertanggung
jawab :
Skor 1 jika tidak percaya diri
Skor 2 jika kurang percaya diri
Skor 3 jika percaya diri
Skor 4 jika sangat percaya diri
Ø
Kedisiplinan
:
Skor 1 jika tidak disiplin
Skor 2 jika kurang disiplin
Skor 3 jika disiplin
Skor 4 jika sangat disiplin
Ø
Keaktifan
:
Skor 1 jika tidak aktif
Skor 2 jika kurang aktif
Skor 3 jika aktif
Skor 4 jika sangat aktif
c.
Aspek
Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Menunjukkan dengan benar dan tepat ciri-ciri rumah sehat
dan rumah tidak sehat.
|
||
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
Rumus penentuan nilai
x 100
Makassar, ................2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar