Kamis, 01 Agustus 2013

Karakteristik PKR

A.   Karakteristik Pembelajaran Kelas Rangkap
Terdapat lima karateristik PKR, antara lain :
1.      Karakteristik PKR dari segi guru ( One Teacher School )
Terdapat seorang guru dalam kelas PKR yang mengajar lebih dari satu tingkatan kelas. Hal yang perlu diperhatikan dalam PKR adalah guru tidak mengajar dua kelas terpisah secara bergantian dengan program yang berbeda. Selain itu, guru harus pandai memilih strategi pembelajaran karena strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru harus disesuaikan dengan banyaknya jumlah murid dan dengan menggunakan kombinasi berbagai metode pembelajaran.
2.      Karakteristik PKR dari segi siswa ( Multi Ability/Multi Grade)
Dalam elas PKR terdapat lebih dari satu tingkatan kelas anak. Siswa dalam kelas PKR mempunyai perbedaan usia, kemampuan, dan minat.
3.      Karakteristik PKR dari segi mata pelajaran ( Multi Level Teaching)
Pembelajaran dilakukan secara tematik, namun untuk kompetensi – kompetensi tertentu yang tidak dapat diikat dengan tema tetap diajarkan secara terpisah.
4.      Karakteristik PKR dari segi interaksi edukatif (Educational Interaction)
Dalam PKR interaksi edukatif dapat tercipta melalui model PBMKS (Proses Belajar Melalui Kerjasama). Murid dapat memupuk rasa kerja sama dan saling membantu serta dapat bertukar informasi dan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, murid juga dapat berdiskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
5.      Karakreristik PKR dari segi lingkungan belajar (Learning Environment)
Dari segi lingkungan belajar guru harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa dalam belajar, yaitu dengan cara menata ruang kelas dengan rapi seperti letak meja, kursi, papan tulis, sumber belajar, tempat penyimpangan bahan dan alat serta pajangan kelas. Guru juga harus memanfaatkan hasil karya murid dengan cara dipajang di ruang kelas karena hal ini dapat meningkatkan karsa dan karya murid.

Tidak ada komentar: