A.
Karakteristik
Pembelajaran Kelas Rangkap
Terdapat
lima karateristik PKR, antara lain :
1.
Karakteristik
PKR dari segi guru ( One Teacher School )
Terdapat seorang guru
dalam kelas PKR yang mengajar lebih dari satu tingkatan kelas. Hal yang perlu
diperhatikan dalam PKR adalah guru tidak mengajar dua kelas terpisah secara
bergantian dengan program yang berbeda. Selain itu, guru harus pandai memilih
strategi pembelajaran karena strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru harus
disesuaikan dengan banyaknya jumlah murid dan dengan menggunakan kombinasi
berbagai metode pembelajaran.
2.
Karakteristik
PKR dari segi siswa ( Multi Ability/Multi Grade)
Dalam elas PKR terdapat
lebih dari satu tingkatan kelas anak. Siswa dalam kelas PKR mempunyai perbedaan
usia, kemampuan, dan minat.
3.
Karakteristik
PKR dari segi mata pelajaran ( Multi Level Teaching)
Pembelajaran dilakukan
secara tematik, namun untuk kompetensi – kompetensi tertentu yang tidak dapat
diikat dengan tema tetap diajarkan secara terpisah.
4.
Karakteristik
PKR dari segi interaksi edukatif (Educational Interaction)
Dalam PKR interaksi
edukatif dapat tercipta melalui model PBMKS (Proses Belajar Melalui Kerjasama).
Murid dapat memupuk rasa kerja sama dan saling membantu serta dapat bertukar
informasi dan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, murid juga dapat
berdiskusi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
5.
Karakreristik
PKR dari segi lingkungan belajar (Learning Environment)
Dari segi lingkungan belajar
guru harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan lingkungan belajar yang
menyenangkan dan dapat memotivasi siswa dalam belajar, yaitu dengan cara menata
ruang kelas dengan rapi seperti letak meja, kursi, papan tulis, sumber belajar,
tempat penyimpangan bahan dan alat serta pajangan kelas. Guru juga harus
memanfaatkan hasil karya murid dengan cara dipajang di ruang kelas karena hal
ini dapat meningkatkan karsa dan karya murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar