RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD………………………….
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester
: III / II
Alokasi Waktu :
2 35 Menit (1 pertemuan )
I.
Standar
Kompetensi
Memahami
kenampakkan permukaan bumi, cuaca, dan pengaruhnya bagi manusia, serta
hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.
II.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam dilingkungan sekitar.
III.
Indikator
A.
Kognitif
1) Proses
Ø Menguraikan
pengertian sumber daya alam
Ø Mengidentifikasi
perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui
Ø Mengidentifikasi
manfaat sumber daya alam
2) Produk
Ø Menjelaskan
pengertian sumber daya alam
Ø Menjelaskan
perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui
Ø Menuliskan
manfaat sumber daya alam
B.
Afektif
1) Karakter
Disiplin dan aktif dalam melaksanakan
tugasnya
2) Sosial
Bekerja sama melaksanakan tugas kelompok
C.
Psikomotor
Menunjukkan contoh
sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui dengan benar.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A.
Kognitif
1) Proses
Ø Berdasarkan
penjelasan yang diberikan guru, murid dapat menjelaskan pengertian sumber daya
alam dengan benar.
Ø Berdasarkan
penjelasan yang diberikan guru, murid dapat menjelaskan perbedaan sumber daya
alam yang dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui dengan benar.
Ø Berdasarkan
penjelasan yang diberikan guru, murid dapat menjelaskan manfaat sumber daya
alam dengan benar.
2) Produk
Ø Setelah
proses pembelajaran, murid dapat menuliskan pengertian sumber daya alam dengan
benar.
Ø Setelah
proses pembelajaran, murid dapat menuliskan perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dengan benar.
Ø Setelah
proses pembelajaran, murid dapat menuliskan manfaat sumber daya alam dengan
benar.
B.
Afektif
1)
Karakter
Murid dapat disiplin dan aktif dalam
menyelesaikan tugasnya.
2)
Sosial
Murid dapat bekerja
sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
C. Psikomotor
Muird menunjukkan contoh sumber daya alam
yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dengan
benar.
V.
Materi
Pembelajaran
Sumber
Daya Alam (SDA)
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
A.
Model Pembelajaran
Ø
Kooperatif Tipe STAD
B.
Metode Pembelajaran
Ø
Ceramah
Ø
Tanya Jawab
Ø
Penugasan
Ø
Diskusi
Ø
Kelompok
VII.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
A.
|
Kegiatan
Awal
|
Waktu
|
|
-
Mengecek persiapan muird
-
Berdoa
-
Absensi
-
Apersepsi
-
Guru memperkenalkan materi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
-
Memotivasi murid
|
5 Menit
|
B.
|
Kegiatan
Inti
|
60 Menit
|
|
-
Guru menjelaskan materi pembelajaran
sambil memperlihatkan gambar
-
Tanya jawab tentang materi pelajaran
antara guru dan murid
-
Guru membagi murid kedalam beberapa
kelompok secara heterogen dan membagi LKS kepada tiap kelompok
-
Guru membimbing kelompok saat
mengerjakan LKS
-
Tiap perwakilan kelompok naik didepan
kelas membacakan hasil diskusinya
-
Guru memberikan apresiasi
-
Guru memberikan arahan kepada murid
untuk kembali ketempat duduknya semula
-
Guru memberikan kuis/pertanyaan kepada
murid, murid tidak boleh saling membantu
-
Guru memberikan penghargaan
|
|
C.
|
Kegiatan
Akhir
|
5 Menit
|
|
-
Guru dan murid menyimpulkan materi
-
Guru memberikan PR
-
Guru memberikan pesan-pesan moral
|
|
VIII.
Penilaian
A.
Teknik Penilaian :
Tertulis, lisan
B.
Bentuk Instrumen :
Essay
C.
Soal Instrumen :
Tes
Tertulis
1.
Jelaskan pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3.
Tuliskan 6 manfaat sumber daya alam?
Tes Lisan
1.
Sebutkan 5 contoh sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dan 5 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?
Kunci jawaban:
A. Tes
tertulis
1.
Sumber daya alam adalah semua kekayaan
alam berupa benda mati atau makhluk hidup yang berada dibumi.
2.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui,
yaitu sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali (dilestarikan) setelah
kita menggunakan, atau sumber daya alam yang selalu tersedia setiap saat.
Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yaitu sumber daya
alam yang tidak bias kita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya.
3.
Manfaat sumber daya alam yaitu:
a.
Tanah manfaatnya sebagai tempat membangun
rumah dan tempat tumbuhan hidup.
b.
Udara manfaatnya untuk menyejukkan suasana, bias juga untuk berolah
raga terjun payung atau gantole.
c.
Air manfaatnya untuk diminum, mencuci, dan dipakai untuk
memasak
d.
Hewan, manfaatnya sebagai bahan makanan
e.
Tumbuhan manfaatnya sebagai bahan makanan
dan obat-obatan
f.
Barang Tambang manfaatnya sebagai
perhiasan dan bahan bakar
Rubik Penilaian
a.
Aspek Kognitif
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Apabila
jawaban peserta didik benar
|
2
|
2
|
Apabila
jawaban peserta didik kurang benar
|
1
|
3
|
Apabila
jawaban peserta didik salah
|
0
|
b.
Aspek afektif
No
|
Nama Murid
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
Akhir
|
Kerja sama
(1-4)
|
Kedisiplinan (1-4)
|
Tanggung Jawab (1-4)
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penskoran
Ø
Kerja Sama:
Skor 1 jika tidak mampu
bekerja sama
Skor 2 jika
kerjasamanya kurang
Skor 3 jika
kerjasamanya tinggi
Skor 4 jika
kerjasamanya sangat tinggi
Ø
Kedisiplinan:
Skor 1 jika tidak
disiplin
Skor 2 jika kurang
disiplin
Skor 3 jika disiplin
Skor 4 jika sangat
disiplin
Ø
Tanggung Jawab:
Skor 1 jika tidak
bertanggung jawab
Skor 2 jika kurang bertanggung
jawab
Skor 3 jika bertanggung
jawab
Skor 4 jika sangat
bertanggung jawab
c.
Aspek
Psikomotorik
No
|
Nama Murid
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Menunjukkan
contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui dengan benar
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
Rumus penentuan nilai:
Nilai = 100
IX.
Sumber
Belajar dan Media
A.
Sumber
: Buku Ilmu Pengetahuan Alam
untuk SD/MI kelas 3 B
B. Media :
Gambar Sumber Daya Alam
Makassar, 14 April 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru Kelas
Dra . Hj. Rabiah
M.Pd
Sari UmmuKhairun
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :
Nama :
Jawablah dengan tepat dan benar!
1. Jelaskan
pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3. Tuliskan
6 manfaat sumber daya alam?
Jawaban:
MATERI PEMBELAJARAN
Sumber Daya Alam (SDA)
A.
Pengertian sumber daya alam
Sumber
daya alam adalah semua kekayaan alam berupa benda mati atau makhluk hidup yang
berada di bumi.
B.
Jenis-jenis sumber daya alam
Sumber
daya alam dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Sumber
daya alam yang dapat diperbaharui, yaitu sumber daya alam yang dapat dihasilkan
kembali (dilestarikan) setelah kita menggunakan, atau sumber daya alam yang
selalu tersedia setiap saat. Contohnya air, tanah, udara, berbagai jenis hewan
dan tumbuhan.
2. Sumber
daya alam yang tidak dapat diperbaharui yaitu, sumber daya alam yang tidak bias
dihasilkan kembali setelah kita menggunakannya. Contohnya bahan tambang berupa
batu-batuan, minyak bumi, dan emas.
C.
Manfaat sumber daya alam
1.
Tanah manfaatnya sebagai tempat membangun
rumah dan tempat tumbuhan hidup.
2.
Udara manfaatnya untuk menyejukkan suasana, bias juga untuk
berolah raga terjun payung atau gantole.
3.
Air manfaatnya untuk diminum, mencuci, dan dipakai untuk
memasak
4.
Hewan, manfaatnya sebagai bahan makanan
5.
Tumbuhan manfaatnya sebagai bahan makanan
dan obat-obatan
6.
Barang Tambang manfaatnya sebagai
perhiasan dan bahan bakar
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :
Nama :
Jawablah dengan tepat dan benar!
1.
Jelaskan pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3. Tuliskan
6 manfaat sumber daya alam?
Jawaban:
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :
Nama :
Jawablah dengan tepat dan benar!
1.
Jelaskan pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3. Tuliskan
6 manfaat sumber daya alam?
Jawaban:
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :
Nama :
Jawablah dengan tepat dan benar!
1.
Jelaskan pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3. Tuliskan
6 manfaat sumber daya alam?
Jawaban:
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :
Nama :
Jawablah dengan tepat dan benar!
1.
Jelaskan pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3. Tuliskan
6 manfaat sumber daya alam?
Jawaban:
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :
Nama :
Jawablah dengan tepat dan benar!
1.
Jelaskan pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3. Tuliskan
6 manfaat sumber daya alam?
Jawaban:
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Kelompok :
Nama :
Jawablah dengan tepat dan benar!
1.
Jelaskan pengertian sumber daya alam?
2.
Jelaskan perbedaan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
3. Tuliskan
6 manfaat sumber daya alam?
Jawaban: